Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Aktualisasi Diri terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ni Kadek Putri Damayanti Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • MG Rini Kristiantari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24329

Keywords:

aktualisasi, kompetensi, pola asuh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan  antara (1) pola asuh orang tua terhadap kompetensi pengetahuan IPS (2) aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS (3) pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 458 yang merupakan seluruh siswa kelas V SD  Gugus Ir. Soekarno. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner untuk mengukur pola asuh orang tua dan aktualisasi diri, dan metode pencatatan dokumen berupa nilai ulangan akhir semester 1 (UAS) untuk mencatat kompetensi pengetahuan IPS. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana analisis regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap  kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83,4 % (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktualisasi diri terhadap  kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 83% (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua dan aktualisasi diri terhadap kompetensi pengetahuan IPS dengan kontribusi sebesar 86,3%. Jadi, pola asuh orang tua dan aktualisasi diri berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Ir. Soekarno Kecamatan Denpasar Selatan.

References

Agung, A.A. Gede. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jaenudin, Ujam. 2015. Teori-teori Kepribadian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Kuniarsih, dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Nasional nomor 24 Tahun 2006 Tentang Kurikulum IPS SD. Jakarta: Kemendiknas. Tersedia Pada https://awidyarso65.files.wordpress.com/2008/08/permendiknas-no-24-th-2006-ttg-kurikulum-ips-sd.pdf (Diakses tanggal 18 februari 2019)

Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rahmawati, Fitria (2014) Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Singaraja: Undiksha. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2444 (Diakses tanggal 10 Februari 2019)

Riduwan dan Akdon. 2008. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Saam, Zulfan dan Sri Wahyuni. 2013. Psikologi Keperawatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sinambela, Haidayati (2016) pengaruh aktualisasi diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi kelas xi sma negeri 1 palipi kabupaten samosir tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. Tersedia Pada http://digilib.unimed.ac.id/20359/ (diakses tanggal 10 Februari 2019)

Siregar, Sofyan. 2015. Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenamedia Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: Pt. Gramedia

Widhiasih, Ika. 2016. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat.Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tersedia Pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/9380 (diakses tanggal 10 Februari 2019)

Wilox, Lynn. 2018. Psikologi Kepribadian.Yogyakarta:IRCiSoD

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Damayanti, N. K. P., Sujana, I. W., & Kristiantari, M. R. (2020). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Aktualisasi Diri terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. International Journal of Elementary Education, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24329

Issue

Section

Article