PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGINTENSIFKAN TUTOR SEBAYA DAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11604Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kontekstual dengan mengintensifkan tutor sebaya dan media lingkungan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV semester I tahun ajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV semester I SD No. 4 Selat, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian : (1) metode test untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan (1) metode analisis statistik deskriptif dan (2) metode analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) pada variabel prestasi belajar terjadi peningkatan dari persentase 67,3% dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 81,7% dengan kategori tinggi pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kontekstual dengan mengintensifkan tutor sebaya dan media lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas IV.
References
Agung, A.A. Gede. 1998. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja : Sekola Tinggi Keguruan clan Ilmu Pendidikan.
Agung, A.A. Gede. 1999. Petunjuk Analisis Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ali, Muhammad. 1992. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru. .
Alipandie, Imansyah. 1984. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.
Budiarmawan Agus. 2009. Pembelajaran Kontekstual (contextual teaching and Learning) dapatMeningkatkan Aktifitas Mengiring bola. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Jasmani, UNDIKSHA Singaraja.
Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional
Nurkancana, Wayan. dkk. 1998. Psikologi Pendidikan. Singaraja : Biro Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana.
Nurhadi. Dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang : Universitas Negeri Malang.
Rusyan A. Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta : Bina Budhaya.
Sadiman, Arief. dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta : CV Rajawali.
Suardana Putu Gede. 2008. Model Pembelajaran Kontekstual Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendiikan Jasmani, UNDIKSHA Singaraja.
Sudjana, Nana dan Alimad Rivai. 1991. Media Pelajaran. Bandung : Sinar Baru.
Tri Palupi. 1997. Metodologi Pengajaran. Singaraja: STKIP
Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Semarang : Aneka Ilmu .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)