Peningkatan Hasil Belajar Ips Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Melalui Penerapan Model Course Review Horay
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27816Keywords:
Hasil Belajar, Course Review HorayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Kotesan yang berjumlah 25 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif. Pada Pra-siklus nilai rata-rata kelas ialah 70,25 dengan ketuntasan 28%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 77,68 dengan ketuntasan 68%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,44 dengan ketuntasan 88%, berdasarkan hasil tersebut penelitian dihentikan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan.
References
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatifdan Menyenangkan). Cetakan kesembilan.
Ngalinum. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Purwanto, P. (2008). Evaluasi Hasil belajar. Pustaka Pelajar.
Sumaatmadja, N. . (2006). Konsep Dasar Pembelajaran IPS. Universitas Terbuka.
Suprijono, A. (2016). Model-model Pembelajaran Emansitoris. Pustaka Pelajar.
Suryabrata, S. (1983). Metodologi Penelitian. Rajawali pers.
Wahidmurni, P. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS Pengembangan Standar proses pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah. Ar-ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.