Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Menggunakan Liveworksheets pada Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.44593Keywords:
Student Worksheets, Liveworksheets, Ecosystem harmonyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA menggunakan Liveworksheets pada pembelajaran kurikulum 2013 yaitu subtema 3 keseimbangan ekosistem untuk siswa kelas V MI di kota Singaraja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian ahli berbentuk rating scale. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengetahui skor persentase validitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persentase validitas materi media lembar kerja peserta didik (LKPD) yang diperoleh sebesar 97,5% dengan kualifikasi sangat baik. Validitas media lembar kerja peserta didik (LKPD) yang diperoleh sebesar 96,15% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa media lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA menggunakan liveworksheets pada subtema 3 keseimbangan ekosistem untuk siswa kelas V MI dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Abbas, S. A. (2020). (Studi tentang Persamaan dan Perbedaan Makna) Islam adalah agama wahyu yang mengandung ajaran yang bersifat universal serta mencakup seluruh aspek kehidupan . Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Isam, 6(1).
Amirullah. (2015). Populasi Dan Sampel. Wood Science and Technology, 16(4).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124 DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Depdiknas 2008. 1–4.
Feni, S. S. A., Aji, S. D., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Materi Gaya Dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(November), 2013–2015.
Fitriyana, L. A. P. N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(2017). DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242
Fransisca, R., Yustina, & Fauziah, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2).
Hidayah, N. (2020). Dampak Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sdn 3 Sriminosari. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.180 DOI: https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.180
Nugraha, D. M. D. P. (2021). Station Rotation Type Blended Learning Model Against Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690 DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Universitas Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 1(1). DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6). https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166 DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166
Sari, Y. P. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik Dengan 3d Pageflip Professional Berbasis Literasi Sains Pada Materi Gelombang Bunyi. Repository Raden Intan, 126(1) 1–7. Tersedia pada http://repository.radenintan.ac.id/8054/1/SKRIPSI.pdf
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265 DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7). https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233 DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233
Syah, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060 DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176 DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.