Pengembangan Instrumen Pengukuran Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.37262Keywords:
Motivasi Belajar Matematika, Pengembangan Instrument, Penelitian dan PengembanganAbstract
Motivasi belajar peserta didik cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tidak semua guru mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, sehingg guru cenderung telat untuk memberikan penanganan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan mengembangkan sebuah instrument penilaian motivasi belajar matematika dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen motivasi belajar matematika untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui validitas serta reliabilitas instrumen motivasi belajar matematika. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D yaitu define, design, develop & disseminate. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 2 orang dosen dan 2 orang guru sekolah dasar. Analisis validitas instrument menggunakan rumus CVR dan CVI. Uji reliabiltas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat 6 butir soal yang memiliki nilai CVR=0,50 yang dinyatakan tidak valid atau perlu revisi, dan 42 butir soal dinyatakan valid. Hasil uji validitas instrument menunjukkan bahwa CVI = 0,94 dinyatakan istimewa dan reliabilitas instrument ini adalah 0,960 dengan kategori sangat tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa instrument penelitian motivasi belajar matematika siswa berada dalam kategori valid dan layak untuk dikembangkan.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44
Aini, D. F. N., & Sulistyani, N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian E-Quiz (Electronic Quiz) Matematika Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) untuk Kelas V Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.137. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.137
Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v7i3.19389. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17279
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Destania, Y., & Riwayati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 949–962. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.569. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.569
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika Dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445
Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 57–68. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p057. DOI: https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p057
Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. JANACITTA, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13. DOI: https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13
Husna, L., MZ, Z. A., & Rian Vebrianto. (2021). Studi Eksploratif Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tanah Datar. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.159
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063. DOI: https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61–76. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.130. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.130
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425–2437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.752
Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 49–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508. DOI: https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Pedagogik, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367. DOI: https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Putra, G. Y. M. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). ELKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Rahmadan, I. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMR) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bilangan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.06. DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.041.06
Sarwanto, S., Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wulandari, A., & Radia, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979
Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018: Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v1i1.14