Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Pengelompokan Hewan untuk Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.34431Keywords:
Pengembangan, media scraobook, pengelompokan hewanAbstract
Penelitian ini dilaksanakan mengingat belum banyak tersedia media yang cocok digunakan untuk pembelajaran daring. Siswa memerlukan visualisasi yang dapat membantu pemahaman materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui validitas media Scrapbook pada materi pengelompokan hewan kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran Scrapbook. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Hasil penilaian validator dari ahli isi pembelajaran yaitu 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 81% dengan kualifikasi baik, ahli media pembelajaran yaitu 88% dengan kualifikasi baik, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba perorangan menunjukkan persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media scrapbook materi pengelompokan hewan untuk kelas III terbukti valid berdasarkan hasil validasi media dari para ahli dan praktisi.
References
Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jp/Article/View/2027. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Occupational Medicine, 53(4), 130. Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmuallimuna/Article/View/952/804.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2 Se-Research), 90–97. Http://Jurnal.Fkip.Unla.Ac.Id/Index.Php/Educare/Article/View/247.
Dewi, K., Suastra, M., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (Addie) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 3(1). Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/121927-Id-Pengaruh-Model-Pembelajaran-Analyze-Desi.Pdf.
Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). Https://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Re/Article/View/2804. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Dd Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. Https://Www.Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif /Article/View/89. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jeu/Article/View/28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Context and Illustration Compatibility in Booked Books to Educate Early Child Characters. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 2, 158–169. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpka/Article/View/15799.
Handayani, P. (2017). Premiere Educandum. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Pe. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1245
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. Https://Publikasiilmiah.Unwahas.Ac.Id/Index.Php/Magistra/Article /View/2714. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U. (2015). Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Terbit Sejak, 5(1), 23–32. Http://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmuallimuna.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal Of Education Action Research, 1(2), 122. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jear/Article/View/12045. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Lestari, Y. D., Surachmi, F., & Wijayati, S. (2019). Metode Drill dengan Media Scrapbook Meningkatan. Jendela Nursing Journal, 3(1), 40–48. Http://Ejournal.Poltekkes-Smg.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Jnj/Article/View/4529. DOI: https://doi.org/10.31983/jnj.v3i1.4529
Luh, N., Liana, G., Sari, C., Wiyasa, I. K. N., Agung, I. G., Negara, O., Dasar, J. P., & Ganesha, U. P. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas Vv. 2(2), 83–92. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jabi/Article/View/28897.
Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis Stem Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jisd/Article/View/22351. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351
Pramana, I. P. A., Tegeh, I. M., & A., G. A. A. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2). Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jeu/Article/View/7631.
Retno Nuzilatus Shoimah, F. A. I. U. I. D. ‘Ulum L. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Nu Sukodadi-Lamongan. 91, 20. Http://E-Jurnal.Unisda.Ac.Id/Index.Php/Mida/Article/View/1836. DOI: https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35. Https://Ojs.Uniska-Bjm.Ac.Id/Index.Php/Jurnalmuallimuna/Article /View/1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405
Safitri, Ms, R Budiharti, E. E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif dalam Bentuk Moodle untuk Siswa SMP pada Tema Hujan Asam. Jurnal Pendidikan Fisika. Https://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Pfisika/Article/View/3727.
Sari, D., & Mintohari, M. (2018). Pengaruh Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 255040. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian Pgsd/Article/View/23704/21672.
Suartama. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Cv. Alfabet.
Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Pt. Bumi Aksara.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Ar-Ruzz Media.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Ika/Article/View/1145.
Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook pada Pembelajaran Tematik Kelas I SD N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik, 2(1), 26. Http://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Sin/Article/View/2986. DOI: https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2986
Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook pada Pembelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jipp/Article/View/16222. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222
Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook pada Materi Pengelompokan Hewan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 124–130. Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Js/Article/View/9934. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9934
Widyasari, N. Dan A. K. P. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Palembang pada Topik Bangun Datar. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 15(6), 92–98. Https://Ojs.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Pinus/Article/View/13756.