Model Pembelajaran Means- Ends Analysis Menggunakan Media Scrapbook Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V SD

Authors

  • Firda Amelia Angelina Putri Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44986

Keywords:

Means- Ends Analysis, Scrapbook, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Means- Ends Analysis menggunakan media scrapbook terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non- equivalent post-test only control group design. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh kelas V SD dengan jumlah 426 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan classter random sampling. Diperoleh dua sampel penelitian, yakni kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas V A SD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan tes yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah kompetensi pengetahuan IPA yang selanjutnya dianilisis dengan rumus t-test pooled variance. Hasil analisis diperoleh thitung sama dengan 6.41 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 71 sama dengan 2.00. Berdasarkan data tersebut, maka thitung lebih dari ttabel (6.41 lebih dari 2.00), sehingga Ho ditolak. Rata- rata kompetensi pengetahuan IPA kelas eksperimen yaitu 80.03, sedangkan rata- rata kompetensi pengetahuan IPA kelas kontrol yaitu 67.00. Dapat disimpulkan model pembelajaran Means- Ends Analysis menggunakan media scrapbook berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Implikasi penelitian ini dapat menjadi kajian yang luas dan memperdalam mengenai model pembelajaran Means- Ends Analysis menggunakan media scrapbook.

Author Biographies

Firda Amelia Angelina Putri, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

References

Agung, G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.

Damayanti, M. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keberagaman Rumah Adat di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 5(3), 803–812.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dewi, A. D. Y. R., & Kristiantari, M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 75–86. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479 . DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24479

Dewi, A. T. Y. R., & Negara, I. G. A. O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28961

Hardiana, I. (2015). 42 Kreasi Mahar Scrapbook. PT Gramedia Pustaka Utama.

Herawanti, U. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kebraon 1 Surabaya. JPGSD, 4(3), 621–630.

Hibullah, & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Aksara Timur.

Huda, M. (2017). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Jalinus, Nizwardi, & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.

Johar, Rahmah, & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Deepublish.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Kencana.

Qusyairi, L. A. H. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 135–143. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.92

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Rusman. (2018). Belajar dan Pembelajaran Berotientasi Standar Proses Pendidikan. Prenadamedia Group.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Shoimin, H. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzzmedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cet.1). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Putri, F. A. A., & Suniasih, N. W. (2023). Model Pembelajaran Means- Ends Analysis Menggunakan Media Scrapbook Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 30–35. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44986

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)