Tingkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV Dengan Menggunakan Media Video Animasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50959Keywords:
Hasil Belajar, Video AnimasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kuaranganya media pembelajran inovatif di sekolah yang menyebabkan guru jarang menggunakan media sehingga pembelajaran menjadi monoton. Hal tersebut berdampak pada siswa dimana minat belajar siswa menuruh sehingga hasil belajar siswa pun ikut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun media video animasi pada muatan pembelajaran IPS tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV Sekolah Dasar yang telah teruji validitas isi dan kepraktisannya. Pada penelitian pengembangan ini dikembangkan sebuah video animasi yang bermuatan pembelajaran IPS. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada prosedur ADDIE. Subjek dari penelitian pengembangan ini yaitu 2 orang untuk ahli materi,, 2 orang untuk ahli media dan desain, 2 orang guru untuk uji praktisi, 15 orang siswa sebagai respon. Metode pengumpulan data dari penelitian pengembangan ini yaitu metode wawancara dan instrumen yang digunakan berupa rating scale dengan menggunakan skala 5. Hasil penelitian pengembangan ini dianalisis menggunakan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor dari data yang diperoleh. Skor validasi video pembelajaran animasi ahli materi 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli media 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, ahli desain 4,6 dengan kualifikasi “sangat baik”, uji praktisi 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik” dan respon siswa 4,7 dengan kualifikasi “sangat baik”. Oleh karena itu video animasi pada tema 4 berbagai pekerjaan kelas IV SD dikualifikasikan “sangat baik”. Sehingga dari analisis video animasi pada muatan pembelajaran IPS Tema 4 berbagai pekerjaan yang melalui uji coba dari beberapa ahli dapat dinyatakan Valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891. DOI: https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776. DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 7(1), 76–93. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6889.
Choirul, C. muna. (2022). the Urgency of Embedding Religion-Based Literacy for Future Moslem’S Intellectuals. EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities, 1(3), 109–119. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i3.35. DOI: https://doi.org/10.52366/edusoshum.v1i3.35
Dewi, P. S. (2021). E-Learning: PjBL Pada Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum dan Silabus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1332–1340. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.572.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis powtoon pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382
Eka Puspawan, Y., & Danny Soesilo, T. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IX Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Kristen 1 Salatiga. Mimbar Ilmu, 24(1), 83. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17455
Fatimah, F., & Mahmuddin, M. (2021). Meningkatkan Aspek Bahasa Dalam Memahami Cerita Menggunakan Model Story Telling dan Role Playing Dengan Media Wayang Kertas. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272. DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272
Fauziah, N., & Nadlifah, N. (2021). Jenuh Belajar: Strategi Orang Tua dalam Membersamai Anak Belajar di Masa Pandemi COVID-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 98–108. https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-05
Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan Modul Ipa Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.28. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.28
Hafeez, M. (2021). Systematic Review on Modern Learning Approaches, Critical Thinking Skills and Students Learning Outcomes. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 167. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33192. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33192
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa MTs Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Hapsari, G. P. P. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Pancasakti Science Education Journal, 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Hapsari, Gita Permata Puspita, & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. (2019). Bangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas Iv Di Sdn Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22308
Khodijah, S. (2018). Telaah Kompetensi Guru di Era Digital dalam Memenuhi Tuntutan Pendidikan Abad Ke-21. In Journal of Islamic Education Policy (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.30984/j.v3i1.860. DOI: https://doi.org/10.30984/j.v3i1.860
Koyan, I. W. (2012). Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289. DOI: https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Manu Okta Priantini, D. A. M. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. Widya Accarya, 13(1), 74–81. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1238.74-81. DOI: https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1238.74-81
Manurung, R., Sadjiarto, A., & Sitorus, D. S. (2021). Aplikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online dan Dampaknya Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 729–739. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3853
Mayer, R. E., Fiorella, L., & Stull, A. (2020). Five ways to increase the effectiveness of instructional video. Educational Technology Research and Development, 68(3), 837–852. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6
Minsih, M., Nandang, J. S., & Kurniawan, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876
Mulyani, T., & Armiati, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Literature Review. Jurnal Ecogen, 4(2), 293. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nora, F. I., Firdarianti, R., Artha, B. Y., & Rizki, L. M. (2021). Strategi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Di Daerah 3T. Jurnal AKRAB, XII(1), 42–49. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i1.363. DOI: https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i1.363
NORMA, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 101–115. https://doi.org/10.51878/social.v1i2.697. DOI: https://doi.org/10.51878/social.v1i2.697
Nursoviani, L. D., Sahal, Y. F. D., & Ambara, B. (2020). Penerapan Media Mind Mapping Tipe Network Tree untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 189. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405. DOI: https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.405
Oesana, A., Widyastuti, A., Subakti, H., Susanti, S. S., Brata, D. P. N., Walukow, D. S., & Simarmata, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0.
Phanata, B.Ed, M.TCSOL, S., & Suci, I. R. (2022). Efektivitas Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(2), 130. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i2.136. DOI: https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i2.136
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia interaktif berbasis stem pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699. DOI: https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699
Purwasih, R., & Elshap, D. S. (2021). Belajar Bersama Covid-19:Review Impelementasi, Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada Guru-Guru SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 940. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545
Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110–122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127. DOI: https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127
Radin, M., & Yasin, M. A.-M. (2018). Perlaksanaan Pendidikan Abad Ke-21 di Malaysia: Satu Tinjauan Awal. Sains Humanika, 10(3–2), 1–6. https://doi.org/10.11113/sh.v10n3-2.1481. DOI: https://doi.org/10.11113/sh.v10n3-2.1481
Rasam, F., & Sari, A. I. C. (2018). Peran Kreativitas Guru Dalam Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Di Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 5(1), 95. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391
Rivalina, R. (2020). Pendekatan Neurosains Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Guru Pendidikan Dasar. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 83. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p83--109. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p83--109
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa SMKN 2 Tanimbar Selatan. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141. DOI: https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i2.1141
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika di MTS Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections, 5(2), 26–37. https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553. DOI: https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media. International Journal of Management Education, 18(3), 100428. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428
Sihombing, C. E., Lubis, R., & Ardiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Selama Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 285–295. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540. DOI: https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2540
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Suasty, F., & Ahmad Alfian Hadi. (2020). Penggunan Media Pembelajaran Video untuk Solusi Penurunan Pemahaman Materi Pembelajaran Ketika Belajar Online Akibat Pandemic Covid-19. Milenial: Journal for Teachers and Learning, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i1.16. DOI: https://doi.org/10.55748/mjtl.v1i1.16
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Sufiyanto, I., & Yasin, R. (2021). Practicum Activities in the Field of Natural Science Learning in Elementary Schools as an Alternative to the Open Natural Science Laboratory. 4(2), 11–20. https://doi.org/10.31764/justek.v4i2.5237.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48.
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 117. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507. DOI: https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3507
Tamrin, M., Nurman, R., & Sayuti, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Siswa Kelas IV SD. CERDAS Proklamator, 9(1), 45–52. https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.78. DOI: https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.78
Utami, L. P. R. A., Suwastini, N. K. A., Dantes, G. R., Suprihatin, C. T., & Adnyani, K. E. K. (2021). Virtual Reality For Supporting Authentic Learning In 21st Century Language Classroom. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 132. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.32376. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.32376
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409. DOI: https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.