Media Pembelajaran Pop-Up-Book Berbantuan QR Code Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Kadek Merita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa
  • Kadek Yudiana

Keywords:

pop-up book, QR Code, video animasi, hasil belajar

Abstract

Pengguanaan media pembelajaran di sekolah dasar masih jarang digunakan. Kurangnya media pembelajaran membuat siswa merasa bosan dan malas selama pembelajaran. Hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganaliis efektivitas media Pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek analisis efektivitas yakni siswa kelas IV sebanyak 21 siswa. Metode dan instrument pengumpulan data yang digunakan yakni rating scale dan kuesioner dan tes pilihan ganda. Hasil uji validitas dan kepraktisan media mendapat kualifikasi sangat layak. Teknik analisis data yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% yaitu memperoleh nilai sebesar 0,00. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan media Pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi mampu meningkatkan hadil belajar siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan dengan penelitian ini mampu menambah referensi atau bahan bacaan bagi siswa, serta guru dapat mengetahui cara membuat pop-up book dan video animasi.

References

Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559

Alviolita, N. Wi., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57

Anjarwati, A., Pramesti, A., Karimah, I., Volvariella, V., & Nanda, D. (2023). Making 3D Learning Media by Utilizing Pop Up Book as a Form of Collaboration with Teachers in SDN Triwung Kidul 1 Probolinggo City. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1075–1086. https://doi.org/10.36526/gandrung.v4i2.2878

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268.

Aulia, E. R., Maulidiyah, E. C., Fitric, R., & Mas’udah, M. (2022). Media Ular Tangga QR Code terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 73–92. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v2i1.599

Azizah, W. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Pop Up Book berbantuan QR Code pada Sub Materi Pencemaran Air. Skripsi, 20.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. In Fatawa Publishing (Issue October).

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110–122.

Husna, H. N., Nursiswanti, S., Rahmawati, I., Nurpatonah, C., Yulianti, A. M., Milataka, I., & Fitriani, N. Z. J. (2023). Pelayanan Pengelolaan Laboratorium Menggunakan QR Code berbasis Google Form. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1803–1812. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1022

Karisma, D., & Zainil, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Penyajian Data Berbasis QR-Code untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 146. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i1.10122

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 20–28.

Mawarni, I. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Pop Up dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal UBT.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.

Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.

Puspitasari, N., Khotimah, K., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku berbentuk Mind Mapping berbantuan QR Code Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1160–1174. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1160-1174

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Sari, A. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pop Up Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Materi Aturan Kegiatan di Sekolah. IAIN Kediri, 1–23.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan media pop-up book berbasis budaya lokal keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Sinta, & Syofyan, H. (2021). Pengembangan Media Pop-up book pada Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 245–265.

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2022). Pengembangan media pop-up book terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 516–523. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. 1(1), 10–16.

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Published

2024-08-30

How to Cite

Kadek Merita, I Gede Margunayasa, & Kadek Yudiana. (2024). Media Pembelajaran Pop-Up-Book Berbantuan QR Code Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/81257

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)