Bahan Ajar Digital Pembelajaran Seni Musik

Authors

  • I Wayan Adi Pratama Pratama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Bahan Ajar Digital, Alat Musik, Seni Musik

Abstract

Seni musik memerlukan inovasi baru dalam proses pembelajaran yang harus dikemas dalam sebuah bahan ajar yang dapat menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan bahan ajar digital pembelajaran seni musik yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE.Objek dalam penelitian in adalah validitas dan kepraktisan bahan ajar digital pembelajaran seni musik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis data statistik deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian memperoleh validitas menurut ahli materi 90,65%, ahli media 90%, dan ahli desain 96,67% yang termasuk ke dalam validitas sangat baik. Berdasarkan uji kepraktisan oleh dosen rata-rata sebesar 97,35%, uji coba perorangan 88,17%, dan kelompok kecil 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi dalam pengembangan bidang pendidikan, terutama melatih pendidik dalam merancang bahan ajar dan bagi peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir kritis dan keterampilan lainnya.

References

Alperi, M. (2020). Peran Bahan Ajar Digital Sigil Dalam Mempersiapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 99–110. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i1.479

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Pers.

Damayanti, N. K. D., & Firstia Wirabrata, D. G. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Demonstrasi Pada Muatan IPA Materi Gerak Benda. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 231–240. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47712

Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Norayeni Arista Estuwardani dan Ali Mustadi DEVELOPING A THEMATIC-INTEGRATIVE LEARNING MODULE TO PROMOTE. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 157–172. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8620/7113

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7406

Fiana, R. O., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 4 Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 157–162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.108

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/4473/2660

Hermawan, D. (2013). Angklung Sunda Sebagai Wahana Industri Kreatif dan Pembentukan Karakter Bangsa. Panggung, 23(2), 171–186. https://doi.org/10.26742/panggung.v23i2.95

Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/5319

L.E. Darmayanti, N.K. Suarni, & I.B.P. Arnyana. (2021). Pengembangan Tes Hasil Belajar Ips Dan Kuesioner Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.274

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Leonangung Edu, A., & Tarsan, V. (2019). Pendidikan Seni Musik Tradisional Manggarai dan Pembentukan Kecakapan Psikomotorik Anak. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17484

Lodo, N. S. A. (2017). Analisis Sikap dan Muatan Pembelajaran SBdP pada Tema Ligkungan Sahabat kita Kurikulum 2013 Kelas V Serta Potensi Budaya Lokal Pendukung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 57–67. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/11962

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805

Martina, K., Tegeh, I. M., & Sukmana, I. W. llia Y. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Sekar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 245–255. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20309

Maskun, M., Imron, A., Sumargono, S., & Perdana, Y. (2021). Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Modul Bagi Guru Sejarah di Provinsi Lampung. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 74–80. https://doi.org/10.24036/sb.01190

Menurut Hamalik (dalam Sholeh, 2003:1). (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SIGI 1 Mukaramah. 2, 686–700.

Nareswari, S. P., & Haryanti, L. (2018). Perancangan Sistem Pengenalan Nada Angklung. Jurnal Teknologi Industri Dan Informatika, IV(3), 214–220. https://doi.org/10.33197/jitter.vol4.iss3.2018.169

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Octasyavira, M., & Nurlizawati, N. (2022). Kesulitan Guru dalam Merancang Media Inovatif Digital untuk Pembelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.24036/nara.v1i4.87

Pratama, V., Anggraini, S. F., Yusri, H., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/525

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, 17(2), 59–66.

Rosydiana, E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musik Melalui Permainan Angklung Di Paud Aulia. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 53–64. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/2416/2032

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119

Santoso, A. T. (2022). Pengembangan Media Sparkol Videoscribe Berbasis Problem Based Learning Kelas IV di SD Negeri Winong. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(1). https://doi.org/10.29100/insp.v19i1.2699

Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Bab Iii Metode Penelitian Dan Pengembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Menngkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960

Syahputra, R. M. (2017). Pendidikan Seni Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Galuh Handayani. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–15. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/21798

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Ulandari, R. T., & Sudatha, I. G. W. (2022). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui E-Modul Berorientasi Discovery Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 205–214. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43966

Winarko, J., & Ariyarso, A. V. (2022). Analisis Bentuk Penyajian Musik Etnik Angklung Paglak Desa Kemiren Dalam Festival Angklung Paglak Se-Kabupaten Banyuwangi 2018. Geter, 5(1), 60–73. https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustin, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Matematika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 4(2), 188–199. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/14021/9438

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Improving Students’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial Revolution 4.0. BIODIK: Scientific Journal of Biology Education, 6(2), 145–158. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/8950

Published

2024-03-01

How to Cite

Pratama, I. W. A. P., Ni Wayan Rati, & I Nyoman Laba Jayanta. (2024). Bahan Ajar Digital Pembelajaran Seni Musik. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/75820

Issue

Section

Articles