Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Pembelajaran Autoplay Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SD

Authors

  • I Nengah Sumantara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singara, Indonesia
  • Kadek Yudiana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50974

Keywords:

Aktivitas Pembelajaran, Media Pembelajaran, Liteasi Numerasi, Kemampuan Metakognitif

Abstract

Aktivitas belajar siswa masih cenderung rendah dan pengunaan media sangat jarang. Hal ini mempengaruhi kemampuan literasi sains dan metakognitif siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran autoplay terhadap literasi sains dan kemampuan metakognitif pada materi sifat cahaya siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model 4-D. Desain uji coba produk pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan quasi eksperimental design berupa posstest-only control design. Subjek penelitian yaitu 4 dosen ahli isi aktivitas pembelajaran. Populasi penelitian berjumlah 85 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan yaitu ratin scale. Teknik analysis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu nilai signifikansi kemampuan literasi sains dan kemampuan metakognitif pada kolom Corrected Model sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Sehingga secara bersama-sama, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan metakognitif dan literasi sains antara siswa mengikuti aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran Autoplay dengan siswa yang mengikuti aktivitas pembelajaran tanpa berbantuan media pembelajaran autoplay. Disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran berbantuan media pembelajaran Autoplay dapat meningkatkan literasi sains dan kemampuan metakognitif siswa.

References

Afni, N., Agung, M., Fitk, R., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2018). Literasi Sains Peserta Didik Kelas V di MIN Tanuraksan Kebumen. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 47–68. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V10I1.129. DOI: https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.129

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Akhyar, Y., Syarif, M. I., Fitri, A., Simbolon, P., S, A. P., Tryana, N., & Abidin, Z. (2021). Contribution of Digital Literacy to Students ’ Science Learning Outcomes in Online Learning. International Journal of Elementary Education, 5(2), 284–290. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34423. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34423

Alfiah, A. N., Putra, N. M. D., & Subali, B. (2018). Media Scrapbook Sebagai Jurnal Refleksi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Regulasi Diri. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 57. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p57-67

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640

Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Asad, M. M., Gul, J., & Lashari, M. A. (2020). Digital Skills and Literacy among Prospective Teachers of Sukkur Pakistan: A Conceptual Framework. ICTASE, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.31098/ictase.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.31098/ictase.v1i1.18

Azimi, Rusilowati, & Sulhadi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.754

Borthwick, A. C., & Hansen, R. (2017). Digital Literacy in Teacher Education: Are Teacher Educators Competent? Journal of Digital Learning in Teacher Education, 33(2), 46–48. https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1291249. DOI: https://doi.org/10.1080/21532974.2017.1291249

Buchanan, J., Pressick-Kilborn, K., & Maher, D. (2019). Promoting environmental education for primary school-aged students using digital technologies. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(2). https://doi.org/10.29333/ejmste/100639. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/100639

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Ditinjau dari Adversity Quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a

Churchill, D., King, M., & Fox, B. (2013). Learning design for science education in the 21st century. Zbornik Instituta Za Pedagoska Istrazivanja, 45(2), 404–421. https://doi.org/10.2298/ZIPI1302404C. DOI: https://doi.org/10.2298/ZIPI1302404C

Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XIII SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679

Fitri, R. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 56. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p56-64. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p56-64

Fitrianawati, M., Sintawati, M., Marsigit, & Retnowati, E. (2020). Developing Ethnomatematics In Geometry Learning For Elementary Schools Students: A Preliminary Design. IJSTR: International Journal of Scientific & Technology Research, 9(1), 2754–2758. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576.

H. Dukalang, H., & Lestari, D. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(1), 1. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179. DOI: https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.179

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 13–20. https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3. DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.2-2.3

Istiyono, E., Brams Dwandaru, W., & Dan Rahayu, F. (2018). The developing of creative thinking skills test based on modern test theory in physics of senior high schools. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19233. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.19233

Jayusman, I., & Shavab. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1). https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Jusniar, J., Effendy, E., Budiasih, E., & Sutrisno, S. (2020). Misconceptions in Rate of Reaction and their Impact on Misconceptions in Chemical Equilibrium. European Journal of Educational Research, 9(4), 1405–1423. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1405. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.4.1405

Kandakatla, R., Berger, E. J., Rhoads, J. F., & DeBoer, J. (2020). Student perspectives on the learning resources in an Active, Blended and Collaborative (ABC) pedagogical environment. International Journal of Engineering Pedagogy, 10(2), 7–31. https://doi.org/10.3991/ijep.v10i2.11606. DOI: https://doi.org/10.3991/ijep.v10i2.11606

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103

Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. Journal International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.

Lestari, S. P., Muhandaz, R., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504

Luciana, N. L. R. (2020). Teachers’ Readiness in Inserting the 21st Century Skills in the Lesson Plan in Teaching English. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 168. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.26406. DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.26406

Marsh, J. (2016). The Digital Literacy Skills and Competences of Children of Pre-School Age. Media Education, 7(2), 197–214. https://doi.org/10.14605/MED721603.

Mohiddin, D. P. (2018). Pengaruh Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Mesin Dan Peralatan Pertanian Politeknik Gorontalo. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(1), 12. https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.181. DOI: https://doi.org/10.30869/jtii.v3i1.181

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas Xi Sman 3 Medan ( Development of Geogebra-Based Learning Media With Addie Development Models in Class Xi Sman 3 Medan ). Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 37–50. https://doi.org/10.24114/jpmi.v6i1.19657.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/469.

Nisa, A., Sudarmin, & Samini. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 4(3), 1049–1056. https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8860.

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177. DOI: https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.3046.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Paramitha, I. D. A. A., Sulastri, M. P., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012

Priantini, D. A. (2020). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608

Purwitaningrum, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Developing instructional materials on mathematics logical thinking through the Indonesian realistic mathematics education approach. International Journal of Education and Learning, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178. DOI: https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.178

Rachmadtullah, R. (2018). Development Of Computer Based Interactive Multimedia: Study on Learning In Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Risvanelli. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 44–56. https://doi.org/10.29210/02017116. DOI: https://doi.org/10.29210/02017116

Rosala, D., & Budiman, A. (2020). Local Wisdom-based Dance Learning: Teaching Characters to Children through Movements. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 304–326. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28185. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28185

Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Journal of Science Learning and Research, 4(2), 89–104. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926

Rusdin, N. M. (2018). Teachers’ Readiness in Implementing 21st Century Learning. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(4), 1271–1284. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i4/4270. DOI: https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i4/4270

Sakti, I., Nirwan, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42

Simanihuruk, L. A., & Simanungkalit, N. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Penginderaan Jauh dan Sig Terhadap Hasil Belajar Tengah Semester Geografi Kelas XII IPS SMA Negeri 21 Medan. Tunas Geografi, 7(1). https://doi.org/10.24114/tgeo.v7i1.11087. DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v7i1.11087

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sudirman. (2019). The 21st-Century Teacher : Teacher ’ s Competence Within the Character Education Framework Towards A Cultural-Oriented Development and Promoting Tolerance. Internationl Education Studies, 12(8), 21–25. https://doi.org/10.5539/ies.v12n8p21. DOI: https://doi.org/10.5539/ies.v12n8p21

Sukowati, D., & Rusilowati, A. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Metakogntif Peserta Didik. Physics Communication, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.15294/physcomm.v1i1.8961.

Sumandiyar, A., Husain, M. N., Sumule G, M., Nanda, I., & Fachruddin, S. (2021). The effectiveness of hybrid learning as instructional media amid the COVID-19 pandemic. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(3), 651–664. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i3.3850. DOI: https://doi.org/10.25139/jsk.v5i3.3850

Swanson, E., McCulley, L. V., Osman, D. J., Scammacca Lewis, N., & Solis, M. (2019). The effect of team-based learning on content knowledge: A meta-analysis. Active Learning in Higher Education, 20(1), 39–50. https://doi.org/10.1177/1469787417731201. DOI: https://doi.org/10.1177/1469787417731201

Syawaluddin, & Iswari, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar enerapan Model Pembelajaran Saintifik untukMeningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Topik Prosedur Teks Kelas IX SMP. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136

Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859

Tivnan, T. (2015). The Importance of Early Vocabulary for Literacy Achievement in High-Poverty Schools. Journal of Education for Students Placed at Risk, November 2008. https://doi.org/10.1080/10824660802427710. DOI: https://doi.org/10.1080/10824660802427710

Tomczyk, Ł. (2020). Digital literacy and e-learning experiences among the pre-service teachers data. Data in Brief, 32, 106052. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106052. DOI: https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106052

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Wardana, R. W., Prihantini, A., & Hidayat, M. (2021). Identifikasi Kesadaran Metakognitif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. Journal Science Education, 5(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.1-9

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sma Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382

Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Wusqo, I. U., Khusniati, M., Pamelasari, S. D., Laksono, A., & Wulandari, D. (2021). The effectiveness of digital science scrapbook on students’ science visual literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 121–126. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27130. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27130

Yang, Q., Bartholomew, C. P., Ansari, A., & Purtell, K. M. (2022). Classroom age composition and preschoolers’ language and literacy gains: The role of classroom engagement. Early Childhood Research Quarterly, 60. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.01.001. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.01.001

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436

Zaki, A., Suparno, & Nulhakim, L. (2020). The Role of Teachers in Improving Student Learning Outcomes in Thematic Learning Through The Use of The Environment As a Learning Resource. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.30093.

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Sumantara, I. N., I Wayan Widiana, & Kadek Yudiana. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Pembelajaran Autoplay Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Pada Materi Sifat Cahaya Siswa Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 356–368. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50974

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)