Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Materi Wujud Zat dan Perubahannya

Authors

  • I Kadek Hera Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Discovery Learning, Power Point Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa materi wujud zat dan perubahannya akibat dari guru yang kurang menerapkan pembelajaran dan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil belajar muatan IPA materi wujud zat dan perubahannya antara siswa yang dibelajarkan dengan Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Buleleng. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 5 Banyuning berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol, diperoleh dengan teknik random sampling melalui cara undian kelas. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen (83) lebih besar dari kelas kontrol (71). Hasil uji Independent Samples T-Test dengan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) menunjukkan bahwa nilainya adalah 0,000 yang menerangkan bahwa lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning berbantuan Power Point Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD materi wujud zat dan perubahannya.

References

Abdjul, T. (2019). Buku Model Pembelajaran Ryleac. Gorontalo: Politeknik Gorontalo.

Amalia, N. I. (2021). Pengaruh Penggunaan PBL Berbantuan Media Interaktif PowerPoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 49–64. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/NCOINS/index

Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.

Aprijal, Alfian, & Syarifudin. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125

Ariasanti, D., Akhbar, M. T., & Syaflin, S. L. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 125 Palembang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 113. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.113353

Arifah, N. A., & Utami, R. D. (2023). Implementasi Keterampilan Pembelajaran Abad 21 Berorientasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–41. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10990

Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17738/9401

Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 243. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN HUMANIORA, 3(2), 82–92. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa Dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 31–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188

Juniantari, M., Setyosari, P., Wedi, A., & Utami, W. B. (2023). Analisis Kondisi Mengetahui Tentnag Pengetahuan Dan Implementasinya Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(3), 366–375. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/58735/27283

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Lehan, A. A. D., Lala, S. G. U., & Puay, Y. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya Kelas IV Sd Negeri 1 Naioni Kupang. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 292–298. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i2.1402

Meliana, Dedy, A., & Budilaksana, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Karang Ringin. Journal on Education, 05(03), 9356–9363. http://jonedu.org/index.php/joe

Meyanti, R., Bahari, Y., & Salim, I. (2019). Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2(2), 262. https://doi.org/10.26418/icote.v2i2.38239

Mutiasih, L. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas X. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 187–200. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-07

Nuspita, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Problem Base Learning Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DE Journal (Dharmas Education Journal ), 3(2), 270–281. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.775

Olii, S. S., & Pautina, A. R. (2020). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Siklus Makhluk Hidup. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 1(1), 73–89. https://doi.org/10.58176/edu.v1i1.71

Puspitasari, T. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1349–1358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.14018

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Rahmi, N., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2715–2722. https://core.ac.uk/download/pdf/289717189.pdf

Rohmanurmeta, F. M. (2022). Pengaruh Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 39–46. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.825

Safira, C. A., Agung Setiawan, & Tyasmiani Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Sahroni, D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/snbk

Saragih, G., Thesalonika, E., & Sihombing, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Berbasis Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 7786–7796. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7928

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora Vol.1, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.101-107

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Center Learning Terhadap Hasil Belajar: Studi Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 615–628. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i2.828

Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735

Sulthon, S. (2016). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 38–54. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Syah, M. N. F., Hidayatullah, R. S., Kurniawan, W. D., & Susanti, N. A. (2023). Pengaruh Media PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Generasi Z Siswa Kejuruan. Jmel: Journal of Mechanical Engineering Learning, 12(1), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/view/40441

Tarigan, E. E. (2019). Pembelajaran Melalui Media Berbasis IT Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Vol. 3). http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Tariyanti, V. A., Gumay, O. P. U., & Arini, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri Purwodadi. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 480–485. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.194

Tristanti, S., & Nafiah. (2020). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Losari Jombang. National Conference for Ummah (NCU), 1(1), 623–630. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/689

Wallangara, Y. Y., Manik, N. D. Y., Rismawati, N., & Jayadi, L. E. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Anak Di Sekolah. Indonesia Journal of Religious, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.46362/ijr.v6i1.16

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Published

2024-08-30

How to Cite

I Kadek Hera Wirawan, Kadek Yudiana, & I Gede Margunayasa. (2024). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/80831

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)