Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II melalui Penerapan Strategi Think Pair Share Berbantuan Media Foto

Authors

  • Susi Sampelobo SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Margi Pare Tappangan SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Pujo Warsito SD Negeri 1 Merauke, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Menulis Deskripsi, Strategi Think Pair Share, Media Foto

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II SD Negeri  Merauke melalui penerapan strategi Think Pair Share Berbantuan Media Foto. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Merauke berjumlah 28 orang. Data kemampuan menulis deskripsi siswa diperoleh dari tes essay dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Shair dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa. Kemampuan menulis deskripsi siswa pada siklus I pertemuan I 60% dengan kategori kurang, pertemuan II siklus I 65%.  Setelah siklus I rata- rata presentasi menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan mencapai 75% dengan kategori cukup dan pada akhir siklus II rata – rata hasil kemampuan menulis deskripsi siswa mencapai 85% dengan kategori baik. Disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Pair Share Berbantuan Media Foto dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa kelas II SD Negeri 1 Merauke.

References

Akdon, Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta. Alsa,

Akhadiah, Sabarti, dkk. 2002. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Haer, Abdul 1990 Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

M, Sunita. (2014). TPS(Think-Pair-Share): An Active Learning Strategy to Teach Theory of Computation Course. Internasional Journal of Education Research and Technology 5(4): 62

San San Tint dan Ei Ei Nyunt. 2015. Collaborative Learning with Think Pair Share Technique. Computer Application An International Journal (CAIJ), Vol.2, No.1, February 2015

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Published

2023-06-26

How to Cite

Susi Sampelobo, Margi Pare Tappangan, & Pujo Warsito. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas II melalui Penerapan Strategi Think Pair Share Berbantuan Media Foto. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/55537

Issue

Section

Articles