Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI

Authors

  • Sulistiani SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Susi Sampelobo Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Yonarlianto Tembang Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Statistika, Model Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang begitu aktif dan minat terhadap penjelasan guru dalam mata pelajaran matematika membuat hasil belajar siswa belum maksimal dan masih banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, melalui Model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi Statistik kelas VI. Desain penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri dari empat langkah pokok yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) aksi atau tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan pada setiap siklus dimulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu: observasi, dokumentasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 78% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 94,7%.  

References

Abdurrahman, Mulyono. 2018. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris shoimin.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media

Asep Jihad & Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Cetakan Pertama,Maret 2013:Jogjakarta:Multi Presindo

Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teori Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Glazer. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging. Perspective on learning, teching, and technology.

Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, A dan Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Ngalimun.(2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja. Pressindo

Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Rajawali Pers, Jakarta.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2007), halm 134

Rusman.(2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shabir U, “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik”. Makasar: Jurnal Auladuna Vol. 2 No. 2, UIN Auladin Makasar,2015, hlm. 229

Siregar, E. & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarman. 2005. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol. 2 No. 2, pp. 68-73.

Sumantri, M. & Sayodih, N. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trianto, (2007).Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Published

2023-07-07

How to Cite

Sulistiani, Susi Sampelobo, & Yonarlianto Tembang. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/55546

Issue

Section

Articles