Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI A Tahun Ajaran 2022/2023 pada Mata Pelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas

Authors

  • Pujo Warsito SD Negeri 1 Merauke, Indonesia
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Musamus, Merauke, Indonesia
  • Yonarlianto Tembang Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Pemberian Tugas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni melalui penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VI pada salah satu SD di provinsi Papua Selatan. . Metode pemberian tugas merupakan suatu cara mengajar dengan kegiatan perencanaan antara siswa dan guru mengenai suatu pokok bahasan yang harus diselesaikan oleh siswa dalam waktu tertentu yang telah disepakati. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) yang akan dilaksanakan minimal dalam dua siklus dimana terdapat tiga kali pertemuan dalam satu siklus dan terdapat tujuh jam pelajaran dalam satu pertemuan. Prosedur penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu prencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi (Emzir, 2007:  239). Indikator keberhasilan pada penelitian tindakan kelas ini adalah Jika sebanyak 90% siswa mampu mencapai hasil belajar sesuai KKM yang ditentukan yakni 70 dan jika hasil observasi aktivitas siswa dan guru menunjukkan nilai ≥ 90.

References

Annisa, D. R. G., Hapsari, M., & Farhanah, N. (2015). Perbedaan Profil Klinis Penyakit Demam Berdarah. Media Medika Muda, 4(4), 582–591.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas.2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis. Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK Dan KPT Dirjen Dikti

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja. Rosdakarya.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S. (2006). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta. Djohan.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Umami, Zahrotul, And Heri Purnama Pribadi. "Management Physiotherapy With Modality Short Wave Diathermy (SWD), Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), And Mc. Kenzie Exercise In Case Low Back Pain Et Causa Ischialgia." Indonesian Vocational Research Journal 1.1 (2022): 1-7.

Usilo, Joko Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Winarni, Endang Widi. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Unit Penerbitan FKIP UNIB

Published

2023-07-07

How to Cite

Pujo Warsito, Dewi Puji Rahayu, & Yonarlianto Tembang. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI A Tahun Ajaran 2022/2023 pada Mata Pelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/55545

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)