Pengaruh Model CIRC Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Ni Putu Aprilyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Model CIRC, Keterampilan Membaca Pemahaman, Cerita Bergambar

Abstract

Permasalahan rendahnya keterampilan membaca pemahaman yang ditemukan pada siswa kelas V SD menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan yaitu Nonequivalent Post-test Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Pupuan yang berjumblah 61 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai   =5,67 lebih dari nilai  =2,052 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan cerita bergambar terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Agung, A. A. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Ekawati, R., Susetyarini, E., Pantiwati, Y., & Husamah, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ). Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1((3).).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1((4),), 104–117.

Ibrahim, G. A. (2017). PISA dan Daya Baca Bangsa—Kompas.com [Newspaper].

Kesumadewi, Dewa Ayu, dkk. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha., 8(2), 303–314.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif.

Koyan, I Wayan. (2011). Asesemen Dalam Pendidikan.

Purnamayani, N. P. W., Dantes, N.,& Yudiana, K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Kovariabel Kemampuan Verbal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3((1)), 43.

Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Syifak, M. (2013). Penggunaan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas Ii Sdn Margorejo Iii/405 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–5.

Sofia Agustina, E. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–11.

Sundari, R.K dan Damayanti.2017. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Suka Baca dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Di Kelas I SDN Bolong Sari 1/500 Surabaya, JPGSD.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung:

Nusa Media, 2010.

Sribudi, Sapriawan. (2018). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 4 Sembalun Lawang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Mataram : Universitas Mataram

Tarigan dan Guntur, H. 1985. Membaca dalam Kehidupan. Bandung: Angkasa

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:

Prestasi Pustaka Publisher.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional. 15, 18–26.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Zohrani. (2023). Pengaruh Model Cooperative Interated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI NW Selong. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 1562–1567.

Published

2024-08-30

How to Cite

Aprilyawati, N. P., Maylani Asril, N. ., & Rati, N. W. (2024). Pengaruh Model CIRC Berbantuan Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2023/2024. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/76142

Issue

Section

Articles