Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa Kelas VI pada Tema Persatuan dalam Perbedaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.35079Keywords:
Instrumen, Sikap Spiritual, Sikap SosialAbstract
Kurang maksimalnya penilaian pada ranah afektif disebabkan oleh tidak adanya pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur aspek-aspek penilaian. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada tema Persatuan dalam Perbedaan yang valid dan reliabel. Penelitian ini berjenis pengembangan dengan menggunakan model pengembangan RDR. Metode pengumpulan data berupa lembar validasi instrumen dengan melibatkan dua ahli dan dua praktisi kelas VI. Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli dan 2 orang praktisi kelas VI. Metode analisis data menggunakan uji gregory untuk mencari validitas dan uji percentage of agreement untuk mencari reliabilitas. Validitas isi instrumen penilaian sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil 1,00 berkriteria validitas sangat tinggi. Reliabilitas pada instrumen sikap spiritual dan sikap sosial menunjukkan hasil 1,00 berkriteria reliabel. Dapat disimpulkan bahwa instrumen layak untuk digunakan menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa kelas VI SD pada tema Persatuan dalam Perbedaan.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Aida, N., Kusaeri, K., & Hamdani, S. (2017). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897 DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 461–469. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457
Budiani, S., Sudarmin, & Syamwil, R. (2017). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(3), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453 DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.453
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan instrumen sikap sosial tematik siswa SD kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167
Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310
Dwi, Y., Septyarini, A., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Validity a nd Reliability : Early Childhood ’ s Locomotor Capability Assessment Instruments. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 540(Ictes 2020), 400–404. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271 DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.271
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran,Pengajaran, Dan Penilaian. Jurnal Pendidkan Dasar Dan Pembelajaran, 7(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50
Ida Ayu Dewi Virani, Putu Nanci Riastini, dan M. S. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i2.7699
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. In Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) (Vol. 6, Issue 1, p. 193). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682 DOI: https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682
Kamiludin, K., & Suryaman, M. (2017). Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 58. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8391
Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471
Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7 DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823 DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823
Muslimah, I., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial pada Outdoor Learning di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 4(1), 158–167.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185 DOI: https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184 DOI: https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184
Rachmawati, R. (2020). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73
Sa’adah, E. N. L., & Sigit, D. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(8), 1023–1026. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11405
Saidah, K. (2018). Analisis Bentuk-Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 80. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244 DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Setiawan, H., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Suryani, I. (2017). Desain Model Pembelajaran Menulis Naskah Drama Berdasarkan Analisis Kemampuan Menulis Naskah Drama Mahasiswa Fkip Unja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 82–94. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.105
Ulfa, I. R. (2019). Implementasi Instrumen Penilaian Sikap di SDN Gunungsaren Bantul. Palapa, 7(2), 251–266. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100