Buku Bacaan Berorientasi Pembelajaran Diferensiasi (Magic Book) Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD

Authors

  • Ni Putu Wina Pradnya Wati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Riastini Putu Nanci
  • Ni Wayan Rati

Keywords:

Buku bacaan, Diferensiasi, Keterampilan membaca.

Abstract

Kelemahaman dalam membaca mengakibatkan keterampilan membaca menjadi rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) untuk keterampilan membaca siswa kelas II SD. Penelitian ini merupakan penelitian ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli isi materi, dan 2 ahli isi media, dan 3 guru. Subjek uji coba 15 siswa. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, studi dokumen, angket/kuisioner dan rating scale. Instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, lembar studi dokumen, pedoman observasi, dan lembar rating scale. Teknik menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian oleh validator isi materi memperoleh indeks 0,95 (sangat tinggi), hasil penilaian oleh validator isi media memperoleh indeks 0,95 (sangat tinggi), hasil penilaian kepratisan yang diberikan oleh tiga guru dan lima belas siswa, siswa mendapatkan penilaian dengan kualifikasi sangat baik. Disimpulkan bahwa buku bacaan berorientasi pembelajaran diferensiasi (magic book) layak digunakan untuk keterampilan membaca.

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Afrom, Ichyatul. (2013). Studi Tentang Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Membaca. Anterior Jurnal 13(1), 122–31. https://doi.org/10.33084/ anterior. v13i1.298.

Alfin, J. (2015). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam, 190–205. Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/6485/.

Aquatika F, Degeng INS, Sitompul NC. (2022). Pengembangan Buku Non-Teks Pelajaran Berjenjang Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Didakt J Pendidik dan Ilmu Pengetah. 22(3):310. https:// doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.14109.

Cahyadi RAH. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa Islam Educ J.; 3(1):35-42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press. Diambil dari http://inlislite. undiksha.ac.id/opac/detail-opac?id=16026.

Chaeruman UA. (2015). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pus Teknol InfdanKomun Pendidik Kementrian Pendidik dan Kebud. 0-15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14419.12329.

Chen, C. H., & Tsai, C. C. (2021). In-Service Teachers’ Conceptions of Mobile Technology-Integrated Instruction: TendencyTowards Student-Centered Learning. Computers and Education 170,104224. https://doi. Org /10.1016/j. compedu.2021.104224.

Dewi NR, Arini FY. (2018) Uji Keterbacaan pada Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis. Prism Pros Semin Nas Mat.1:299-303. Diambil dari https:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ prisma/ article/ view/19592.

Eliya Negeri MS, Kunci K. Marsis Eliya. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 2 Jelapat. Jmp Online. 5(7):517-526. Diambil dari https://digilib.uinsby.ac.id/8564/.

Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan 32 (2): 95–105. https://doi.org/ 10.21009/pip.322.2.

Gedik O, Akyol H. (2022). Reading Difficulty and Development of Fluent Reading Skills: An Action Research. Int J Progress Educ. 18(1). https://doi.org/10 29329/ijpe.2022.426.2.

Gustiawati R, Arief D, Zikri A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. J Basicedu. 4(2):355-360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339.

Hilda Hadian, Latifah, Sugara Mochamad Hadad, and Ina Marlina. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 4 (2): 212–42. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73.

Isaqjon, Tojiboyev. (2022). Strategies and techniques for improving EFL learners’ reading skills. Involta Scientific Journal, 1402(6). https://doi.org/ 10.1188/ 6593/1402/6/060661.

Kalsum, K., Rauf, F. A., & Sardi, A. (2023). Implementation of Reading-Log to Increase Students’ Interest on Literacy at Islamic Boarding School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature. https://doi/org/10.21887/898.

Katawazai, R. (2021). Implementing Outcome-Based Education and Student Centered Learning in Afghan Public Universities: The Current Practices and Challenges. Heliyon, 7(5), e07076. https://doi. Org/10.1016/j. heliyon. 2 0 21.e07076.

Kurniasih, E., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–408.

Mahsun, Moch, and Miftakul Koiriyah. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 2 (1): 60. https://doi.org/10. 36835/bidayatuna. v2i1.361.

Malu, F, Kathleen. (2013). Exploring Children’s Picture Storybooks with Adult and Adolescent EFL Learners. English Teaching Forum, 1018(3). https://doi.org/10.1088/1742-6598/1160/1/012024.

Marpanaji, E., Mahali, M. I., & Putra, R. A. S. (2018). Survey on How to Select and Develop Learning Media Conducted by Teacher Professional Education Participants. Journal of Physics: Conference Series, 1140(1). https://doi. org/10.1088/1742-6596/1140/1/012014.

Maulidia, Feny Rahma, and Aulya Nanda Prafitasari. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu 6 (1): 55-89. https://doi.org/10.1007/s11234-009-0134.

Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustiana, T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital, 9(1), 140. https:// dx.doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v9i.34251.

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975

Muna, K. N. & Wardhana, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga untuk Kelas 1 SD. Edustream. Jurnal Pendidikan Dasar. Diambil dari https://unesa.ac.id/ index.php/ jpd/article/view/15416.

Muzdalifah I, Subrata H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd. J Rev Pendidik Dasar J Kaji Pendidik dan Has Penelit. 8(1):44-53. https://doi.org/ 10.26740/ jrpd.v8n1.p44-53.

Najib, V. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 untuk Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Semnasbasma IV UM, 1, 170–181. Diambil dari http:/ /prosiding. arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/56

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2), 46–55. https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4390

Nilamsari N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana. 13(2):177-181. https://doi.org/10.32509/wacana.v13i2.143

Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, and Hatma Heris Mahendra. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(3):1462–70. https://jbasic. org/index.php/ basicedu/ article/ view/907.

Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 72. http:ejournal. unikama.ac.id/ index.php/JBPD

Nuryati N, Darsinah D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. J Papeda J Publ PendidikDasar 3(2):153-162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikan dasar.v3i2. 1186.

Oktaviani, M. V., Muktadir, A., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Cerita Anak Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas 2 SD Negeri Gugus 1 Kota Bengkulu. Juridikdas, 3(1), 33–42. Diambil dari https:// doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.33-42

Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya, Anak Agung Gede Agung, and Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu 27 (1): 11–19. https://doi.org/10. 23887/mi.v27i1. 45499.

Pitaloka H, Arsanti M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Semin Nas Pendidik Sultan (November):2020-2023. http://jurnal. unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 337–348. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.53.

Purwani R. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas IV. J Pendidik Bhs Indones. 8 (2):180. https://doi.org/10.30659/j.8.2.180-194.

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.

Rahman, Budi, and Haryanto Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia 2 (2): 127. https://doi.org/10. 21831/jpe.v2i2.2650.

Rayens, W., & Ellis, A. (2018). Creating a Student-Centered Learning Environment Online. Journal of Statistics Education, 26(2), 92–102. https://doi.org/10. 1080/10691898.2018.1475205.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Roth, N. E. (2017). Stories of Exploration in a Student-Centered Learning Environment. Art Education, 70(1), 8–14. https://doi.org/10.1080/ 00043125.2017.1247559.

Sari MH, Susetyo, Noermanzah, Wardhana DEC, Kusumaningsih D. (2020). Understanding the level of students’ reading comprehension ability. Univers J Educ Res.8 (5):1848-1855. https://doi.org/ 10.13189 / ujer. 2020.080521.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/ 10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Shihab, N. (2017). Diferensiasi: Memahami pelajar untuk belajar bermakna dan menyenangkan. Tangerang: Literati

Simatwa, E. M. W. (2010). Piaget’s theory of intellectual development and its implication for instructional management at presecondary school level. Educational Research and Reviews, 5(7), 366–371. Diambil dari https://eric.ed.gov/?id=EJ898837.

Suartama IK. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. Ubiquitous Learn Environ Based Moodle Learn Manag Syst: 1-17.

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. Nat J Kaji Penelit Pendidik dan Pembelajaran. 2(1):38-46. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89.

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 57-66).

Tarigan BNB, Agung AAG, Parmiti DP. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa.J Educ Technol. 3(3):179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. Diambil dari https://eproceeding. undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/3.

Tegeh IM, Kirna IM. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. J IKA. 11(1):16. https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trester, E. F. (2019). Student-Centered Learning: Practical Application of Theory in Practice. About Campus: Enriching the Student Learning Experience, 24(1), 13–16. https://doi.org/10.1177/1086482219859895.

Triastuti IRR, Laksono K, Indarti T. (2021). Pengembangan Buku Berjenjang Level B Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas 1 Sekolah Dasar. J Educ Dev. 9(1):304-308.

William, Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil. 20(1):71-80. Diambil dari https://www.mikroskil.ac.id/ ejurnal/ index.php/ jsm/ article/ view/650.

Winaya IKA, Darmawiguna IGM, Sindu IGP. (2016) Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di Smk Negeri 3 Singaraja. J Pendidik Teknol dan Kejuru. (2):198-211. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8527.

Wiyono M, Solihin F, Putro SS. (2018). Aplikasi Penilaian Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura Menggunakan Metode Rating Scale. Rekayasa. 10(1):23. https://doi.org/ 10.21107/rekayasa.v10i1.3601.

Yani, Dwi, Susriyati Muhanal, and Aynin Mashfufah. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP 1 (3): 241–360. https://doi.org/10. 46306/ jurinotep.v1i3.

Published

2024-08-30

How to Cite

Pradnya Wati, N. P. W., Putu Nanci, R., & Rati, N. W. (2024). Buku Bacaan Berorientasi Pembelajaran Diferensiasi (Magic Book) Untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas II SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/76164

Issue

Section

Articles