PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS V DR. SOETOMO

Authors

  • Ni Ketut Alit Savitri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi

Keywords:

matematika realistik, kompetensi pengetahuan matematika, media konkret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD yang dibelajarkan dengan menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret (2) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III yang dibelajarkan dengan tidak menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret (3) mengetahui pengaruh dari penerapan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas III SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo sebanyak 178 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang memperoleh kelas III B SD Negeri 9 Sesetan sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III B SD Negeri 4 Sesetan sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan yaitu tes pilihan ganda biasa berjumlah 20 butir soal yang sudah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis dengan teknik statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatakan matematika realistik berbantuan media konkret dengan siswa yang dibelajarkan dengan tidak menerapkan pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika pada siswa kelas III SD Negeri Gugus V Dr. Soetomo.

 

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(2), 145–165. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819

Arini, L., & Sari, D. P. (2023). Analisis Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 7(2), 355–362. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v7i2.4553

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022

Chairunisa, N., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 298–308. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3036/2404

Claudia, S., Suryana, Y., & Pranata, O. H. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Durachman, D., & Cahyo, E. D. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 56. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1954

Fathul, R., Ananda, W., Framesti, N., & Safarandes, A. (2022). Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), 206–210.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Kurniasari, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Operasi Pengurangan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1506–1511. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322

Latief, M. A. (2019). Penelitian & pengembangan 2015-2019. 1–29.

Maifit, H. (2021). Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset, 3(2), 36–45.

Manurung, S., Salayan, M., & ... (2021). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbantuan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.

Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015

Mulyawati, M., Tantowie, T. A., & Fuadi, D. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghitung melalui Media Konkret Koin Warna (Kancing) pada Mata Pelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam, 16(2), 221. https://doi.org/10.36667/bestari.v16i2.407

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Oktavianingsih, W., & Pramudiani, P. (2022). The Effect of Realistic Mathematics Approach on Creative Thinking Ability of Fourth Grade Elementary School Students. 5(2), 220–226.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Putri, Z. A., Ulia, N., & Sari, Y. (2023). Pengaruh Pembelajaran Outing Class Dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN Kedungbokor 03. Jurnal Ilmiah Sultan Agung,

Rizqi, M. (2019). Pengaruh Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika

Rukiah, R., Syamsuddin, A., & Sulfasyah, S. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 207–213. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.2018

Safitri, N., & Misyanto, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Konkret Kelas IIIB DI SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 42–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.909

Saifuddin, A. (2021). Apakah Desain Eksperimen Satu Kelompok Layak Digunakan? Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3255

Sari, W. O., Ghufron, M. A., & Novianti, D. E. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Balok. Jurnal Edutama, 3(April), 1–8.

Shoimah, R. N. (2020). Prinsip penggunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 91(March), 1–10.

Sinaga, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1), 73–78. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.834

Sjofjan, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan/Pelatihan Berbasis Kompetensi. Pengembangan Program Pendidikan Dan Pelatihan, 1, 1–43.

Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10. https://osf.io/preprints/

Sugiyadnya, I. K. J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT terhadap Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(4), 413. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21314

Susanah. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka, 2–44. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-M1.pdf

Syafitri, D. ayu, & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi MatematisSiswa Di MTs Swasta An-Naas Binjai. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 42. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1.28665

Tarigan, J. E., & Siregar, H. T. (2022). Perbaikan Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Media Konkret Pada Materi Jenis-Jenis Daun Di Kelas Iv Sd Negeri 068007 Medan Tuntungan. Jurnal Curere, 6(1), 77. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.720

Tarmizi, P., Setiono, P., Amaliyah, Y., & Agrian, A. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri 04 Kota Bengkulu. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 124. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.7090

Ulfa, M., & Saputra, H. (2019). fect of Macromedia Flash Learning Media With RePengaruh Media Pembelajaran Makromedia Flash dengan Pendekatan Matematika Realistik pada Hasil Belajar Siswa The Efalistic Mathematics Approach to Student Learning Outcomes To cite this article : Pengaruh Med. Triple S, 2(1), 12–21.

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Semnara , 1–9.

Zulharira, Fauzi, & Nurmasyitah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Pada Penjumlahan Pecahan Dikelas IV SDN 1 Alurduamas Aceh Selatan. Jurnal Ilimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 1–10.

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Ketut Alit Savitri, I Wayan Wiarta, & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2024). PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI GUGUS V DR. SOETOMO . Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/77136

Issue

Section

Articles