Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan PowerPoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD

Authors

  • Anak Agung Istri Sasmita Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

contextual teaching and learning, Power Point, kompetensi pengetahuan pendidikan pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan pancasila kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024. Permasalahan yang ditemui di sekolah yakni pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih bersifat monoton dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pengamalan Pendidikan Pancasila masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila. Dengan menggunakan pendekatan ini diharapkan lebih menyenangkan dan meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 277 seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso. Seluruh populasi disetarakan melaui Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila siswa kelas V SD Negeri Gugus IX Yos Sudarso Tahun Ajaran 2023/2024.

References

Agung, A. A. G. 2022. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan Digitalisasi dan Aplikasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2020. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. 2021. Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesh

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Dantes, Nyoman. 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Dapitra, A. A., Popiyanto, Y., & Suryandari, S. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V Sd Raden Patah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 2001-2008.

Dhani, M. I., & Rahayu, W. (2023). Literatur Review : Contextual Teaching and Learning ( CTL ) dalam Pembelajaran Matematika. 10(2), 118–135.

Faustyna. (2023). Metode Penelitian Qualitatif Komunikasi (Teori dan Praktek).

Gustina, R. R., & Jayadinata, A. K. (2023). Pengaruh Bahan Ajar Power Point Interaktif Dengan Model Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Meningkatan Pemahaman Konsep Pelajaran Pkn Kelas V SD. 2(1), 1–11.

Hartini, S. 2022. Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Haryono, H. E. 2020. The Influence of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Toward Results of Learning Science Materials of Students. 4(1), 1–6.

Isman. (2023). Statistik Dasar Untuk Penelitian Pendidikan Dilengkapi Cara Perhitungan dengan SPSS. Mafy Media Literasi Indonesia.

Kurniawan, A., Anim, Syafitri, E., Sastraatmadja, A. H. M., & Sirait, S. 2022. Model Pembelajaran Inovatif II. Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi.

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Deepublish.

Lailatul Mufidah, K. T. (2021). No Analisis struktur kovarians indikator terkait kesehatan pada lansia yang tinggal di rumah, dengan fokus pada rasa subjektif terhadap kesehatan Title. 7(3), 6.

M.Nisfiannoor. (2009). Pendekatan statististika Modern untuk Ilmu Sosial.

MAMIK. (2015). METODOLOGI KUALITATIF.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N.D. Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(Agustus), 128.

Rasmini, B. W. (2023). Buku Ajar Statistik Pendidikan. Penerbit P4I.

Ristiana, E., Irfan, & Muhiddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Konsep Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27.

Sari, N., Pakpahan, H., Saragih, O., Pardede, B., & Gultom, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pangaribuan Tahun Pembelajaran 2022 / 2023. 1(4).

Saverus. (2019). Analisis struktur kovarians indikator terkait kesehatan pada lansia yang tinggal di rumah, dengan fokus pada rasa subjektif terhadap kesehatan Title. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suhartono, & Indramawan, A. 2021. Group Investigation (Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Supriyatna, A., & Asriani, E. N. 2019. Cara Mudah Merumuskan Indikator Pembelajaran. Banten: Pustaka Bina Putera.

Suseno, E., & Susongko, P. 2021. Mengukur Validitas Tes. Jawa Timur: Pemeral edukreatif.

Syamsurizal. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur. Jurnal Osf, 1–11.

Tri Wahyuni, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Taruna Akpelni Semarang. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 67–73.

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657.

Yusuf, A. M. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media.

Published

2024-08-30

How to Cite

Anak Agung Istri Sasmita Putri, Ni Nyoman Ganing, & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2024). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan PowerPoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/78027

Issue

Section

Articles