Media Flipbook Berbasis Value Clarification Technique untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SD

Authors

  • Gusti Ayu Kade Erna Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Flipbook, Value Clarification Technique, ADDIE

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, serta efektivitas media flipbook berbasis Value Clarification Technique pada muatan pendidikan pancasila kelas V. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi 5 tahapan yakni, tahap Analyze, tahap Design, tahap Development, tahap Implementation, dan tahap Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, dan statistika inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (a) penilaian ahli rancang bangun berkualifikasi baik  (80,00%); (b) penilaian ahli isi materi berkualifikasi sangat baik (100%); (c) penilaian ahli desain instruksional berkualifikasi baik (98,99%); (d) penilaian ahli media pembelajaran berkualifikasi baik (98,99%); (e) penilaian  uji perorangan berkualifikasi sangat baik (94,20%); (f) penilaian uji kelompok kecil berkualifikasi sangat baik (95,99%). Berdasarkan hasil validasi dan uji efektivitas diperloleh bahwa penggunaan media pembelajaran flipbook berbasis Value Clarification Technique dapat meningkatkan minat belajar siswa dan nilai rata-rata hsil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media. 

References

Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059

Aprilutfi, D. N. (2022). Flipbook tematik: Alternatif media pembelajaran PKN berbasis fliphtml5 di SD. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 380–385.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.

Damayanti, Y., Rostikawati, T., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-book Berbasis Flipbook Pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 626–634.

Ermawati, E., Sofiarini, A., & Valen, A. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3541–3550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372

Gawise, G., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575–3581.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(03), 404–418.

Harefa, E. P., Waruwu, D. P., Hulu, A. H., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website dengan Menggunakan Model ADDIE. Journal on Education, 6(1), 4405–4410.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Leany, M. N., & Subaidi, S. (2021). Kapitalisme Pendidikan vs Salafisme Pendidikan dalam Menghidupkan Karakter Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 648–657. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1837

Malik, A. (2020). Membumikan Ideologi Pancasila Melalui Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membangkitkan Nasionalisme. Jurnal EduTech , 6(1).

Marlina, A., Taheri Akhbar, M., & Surmilasari, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Value Clarification Tehnique (VCT) dalam Pembelajaran PKn di Kelas III SD Negeri 2 Pematang Panggang. Innovative: Journal Of Social Science Research 1 Innovative (Vol. 2).

Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT)Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231–2238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5914

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Perdana, M. A., Wibowo, D. E., & Budiarto, M. K. (2021). Digitalization of learning media through digital book development using the flipbook application. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(2), 263.

Rahayuni, G., Ofindasari, Arum, I. A. S., & Milenia, L. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Universitas Nahdatul Ulama Al Ghazali.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, F., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Pelatihan Pemetaan Kompetensi dan Indikator Berbasis Flip PDF Corporate Edition dengan Menggunakan Model ADDIE pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1647–1656.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 470–477.

Sari, L., Pratama, R. A., & Permatasari, B. I. (2020). Media Pembelajaran Puzzle Angka dan Corong Angka (PANCORAN) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 88–100. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23618

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Susilawati, W. O., Veriyani, F. T. V., Pratiwi, Y., Sari, T. A. N., & Riani, S. (2022). Pengembangan buku ajar digital PPKn SD terintegrasi profil pelajar Pancasila dalam mendukung kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 187–201. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.452

Suyatna, A., Ertikanto, C., Herlina, K., & Pradana, F. A. (2019). The effectiveness of interactive e-book quantum phenomena compiled with scientific approach in improving higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032028

Wayan, I., Santika, E., Studi, P., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 1.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.

Wonda, H., Kota, M. K., & Arianti, C. D. (2022). Pengembangan Buku Digital Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Prim J Pendidik Guru Sekol Dasar, 11(6).

Yani, D., Susilo, H., & Ekawati, R. (2022). Pengembangan Media Flipbook Materi Di Kelas Ii Sekolah Dasar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Development Of Media Flipbook Materials In Class Ii Elementary Schools To Realize A Pancasila Student Profile. Jurnal Sains Dan Teknologi (SAINTEK), 1(2). https://ftuncen.com/index.php/SAINTEK7

Published

2024-03-01

How to Cite

Gusti Ayu Kade Erna Wahyuni, Anak Agung Gede Agung, & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2024). Media Flipbook Berbasis Value Clarification Technique untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas V SD . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/74858

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)