E-Modul Berbasis Pendekatan Etnosains Pada Pembelajaran Ipas Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Intan Pradnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana
  • maria goreti rini kristiantari

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, E-modul, Etnosains

Abstract

Pada pembelajaraan IPAS, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, guru hanya menggunakan media visual berupa gambar sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran dan mengakibatkan pembelajaran tidak berjalan secara optimal. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas media pembelajaran E-modul berbasis pendekatan etnosains khususnya pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis pendekatan etnosains ini melibatkan 28 siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa produk E-modul berbasis pendekatan etnosains dengan kualifikasi produk sangat baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil uji efektivitas didapatkan hasil bahwa E-modul berbasis pendekatan etnosains layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media ini diharapkan mampu menjadi alat dalam membantu guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran yang bermakna dan mengintegrasikan teknologi.

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841–1854.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222

Astuti. (2022). Evaluasi Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Dwiyanti, I., Supriatna, A., Marini, A., & FIP Universitas Negeri Jakarta, P. (2021). Studi Fenomenologi Penggunaan dalung Dalam Pembelajaran daring Muatan IPA di SD Muhammadiyah 5 Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 2548–6950.

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843

Fitri, A., Rasa, A. A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K. K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. I. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial SD Kelas IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukaan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Ristek.

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hutapean, L. A. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 298–305.

Ikhwal, M., Dewi Puspita, S., Haykal Alfaidzi, M., Afifah, N., & Jambi, U. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Etnosains pada Upacara Adat Kenduri Sko di SMA. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 115–123. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.13334

Lestari, F. J. P. (2022). Kajian Etnosains Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembuatan Tahu besuki di Desa jetis Sebagai Sumber Belajar IPA di SMPN 3 Besuki. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan di Sekitarku Kelas IV. 5(2).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. fajriyah, & Chitta, F. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan IPTEK Bagi Guru di Era 4.0. Medan: Universitas Negeri Medan.

Naimah, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnosains Tema Klasifikasi Materi dan Perubahannya untuk Siswa SMP/MTS Kelas VIII. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Noor, J. (2021). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurliani, F. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis. Universitas Islam Negeri Antasari.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN. Malang: Badan Penerbit UNM.

Prihatmojo, A., Mulia Agustin, I., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 180–186.

Putri, M. R., & Sholahuddin, A. (2023). Pengembangan E-modul IPA Topik Getaran, Gelombang, dan Bunyi Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Karakter Kayuh Baimbai. Journal of Banua Science Education, 3(2), 85–97.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmawati, R., & Wijayanti, Y. (2020). The Implementation of Integrated Science-Social Studies Learning in Junior High School. International Journal of Education and Practice, 8(7), 313–321.

Ramadhani, R., & Bina, N. S. B. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Ritonga, A. P., Putri Andini, N., Iklmah, L., & Pendidikan Guru, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348.

Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media IT Dalam Pembelajaran di SDN 1 pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 3(2), 131–140.

Septiani, P. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar dan Efektivitas Peran Guru. Conference of Elementary Studies, 587–591.

Suhelayanti, Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., & dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial IPAS. Yayasan Kita Menulis.

Sumardi. (2020). Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Sleman: Penerbit Deepublish.

Suwandani, L., & Jalmo, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah DItinjau Dari Filsafat Ilmu. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 129–137. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Suyanto, B., & Sutinah. (2022). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Syaifullah, R., & Dilirosta. (2023). Development of E-Module Based on Ethnoscience Approaches On Additive and Addictive Substance for Junior High School. Science Education Journal, 4(1), 38–46.

Tahya, D., & Saija, M. (2023). Buku Ajar Pembelajaran Inovatif. Palu: Penerbit Feniks Muda Sejahtera.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 23–27. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Widayanti, Amaliah, K., Kurniawan, A., & Ummi Sholikahah, A. (2022). Penggunaan E-modul Berbasis Etnosains Pada Sekolah Menengah Atas Mata Pelajaran Fisika: Studi Literature. 4, 117–122. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm

Widayanti, Amaliah, K., Ummi Sholikhah, A., & Kurniawan, A. (2022). Ethnoscience-Based Interactive E-Module: E-Module Development on Nonrenewable Resources Topic. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(3), 261–270. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.13806

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211–221. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index

Yulyanti, E., Maftukhin, A., & Akhdinirwanto, R. W. (2022). Development of Ethnoscience-Based Physics E-Module Using Kvisoft Flipbook Maker To Improve Students’ Science Literacy Skills. Jurnal FIsika Dan Pendidikan Fisika, 7(2), 134–143. http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnal

Zakiyah, N. A., & Sudarmin. (2022). Development of E-Module STEM integrated Ethnoscience to Increase 21st Century Skills. International Journal of Active Learning, 7(1), 49–58. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Zerinah, N., Samad, S., & Pandang, A. (2022). Pengembangan E-Modul"Cinta Belajar" Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Sendana. 1–21.

Published

2024-08-30

How to Cite

Ni Putu Intan Pradnyani, I Wayan Sujana, & maria goreti rini kristiantari. (2024). E-Modul Berbasis Pendekatan Etnosains Pada Pembelajaran Ipas Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/79108

Issue

Section

Articles