Media Video Pembelajaran Kenampakan Alam Pemandangan Kintamani Muatan IPAS Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Keywords:
Video pembelajaran, kenampakan alam, IPASAbstract
Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS membuat hasil belajar siswa menjadi rendah. Ditambahlagi dengan metode ceramah yang diberikan dan kurangnya media yang digunakan. Jika terus seperti ini maka hasil belajar siswa akan terus menurun. Melihat hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektivitas media video pembelajaran kenampakan alam Kintamani dengan materi ajar kenampakan alam pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas V sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dan kuesioner. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam Pemandangan Kintamani efektif digunakan pada materi Materi IPAS kelas V SD. Media video pembelajaran kenampakan alam pemandangan Kintamani dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran karena memiliki dampak yang positif bagi siswa dan guru. Diharapkan guru bisa menjadi inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran lainnya.
References
Andreani, Delina, dan Ganes Gunansyah. 2022. “Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka.” JPGSD 11(9):1841–54.
Apriayanti, Sherly. 2021. “Analisis Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Pembelajaran IPS Kelas V SDN Unyur Serang.” Didaktika 1(2):254–62.
Ariani, Komang Rina, Made Sumantri, dan Desak Putu Parmiti. 2020. “Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(2):217–26.
Candrasiwi, Made Yuni, I. Komang Ngurah Wiyasa, dan I. Gusti Agung Ayu Wulandari. 2023. “Video Kenampakan Alam Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Pembelajaran yang Valid, Praktis, dan Efektif bagi Siswa Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 6(2).
Carolin, Liberta Loviana, I. Ketut Budaya Astra, dan I. Gede Suwiwa. 2020. “Pengembangan media video pembelajaran dengan model addie pada materi teknik dasar tendangan pencak silat kelas vii SMP Negeri 4 sukasada tahun pelajaran 2019/2020.” Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga) 5(2):12–18.
Fitri, Firdayu, dan Ardipal Ardipal. 2021. “Pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster pada pembelajaran tematik di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):6330–38.
Hasiru, Dewasni, Syamsu Qamar Badu, dan Hamzah B. Uno. 2021. “Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh.” Jambura Journal of Mathematics Education 2(2):59–69.
Hastari, Gusti Ayu Wina, A. A. Gede Agung, dan I. Komang Sudarma. 2019. “Pengembangan modul elektronik berpendekatan kontekstual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII sekolah menengah pertama.” Jurnal Edutech Undiksha 7(1):33–43.
Ihsan, Azis Maulana. 2017. “Pengembangan media pembelajaran culture view virtual reality untuk mata pelajaran ips pada pokok bahasan keragaman etnik dan budaya: Studi pengembangan media pembelajaran berdasarkan metode design and development.”
Khotimah, Siti Kusnul, Arnelia Dwi Yasa, Cicilia Ika, Rahayu Nita, dan Universitas Kanjuruhan Malang. 2020. “No Title.” 4:401–8.
Lestari, Novita Dwi, Ruswandi Hermawan, dan Dwi Heryanto. 2018. “Pengembangan media pembelajaran menggunakan powtoon untuk pembelajaran tematik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(3):33–43.
Manalu, Dominikus Boang. 2024. “Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas Iv Sd Negeri 040527 Tigapanah Kec. Tigapanah.” Hal. 81–86 in Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum). Vol. 3.
Marwa, Neneng Widya Sopa, Herlina Usman, dan Baina Qodriani. 2023. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurukulum Merdeka.” METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 18(2):54–65.
Moto, Maklonia Meling. 2019. “Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3(1):20–28.
Nalapraya, Putu Nanda Putra, I. Wayan Sujana, dan Ni Nyoman Ganing. 2024. “Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam dan Buatan Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD: Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam dan Buatan Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karan.” Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana 2(1)
Nasruri, Hafid Didik, Parji Parji, dan Muhammad Hanif. 2021. “Identifikasi Kenampakan Alam dan Buatan Kabupaten Ngawi sebagai Sumber Belajar IPS Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(07):1186–99.
Nugraha, Firman. 2020. Pendidikan dan Pelatihan: Konsep dan Implementasi dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia. Litbangdiklat Press.
Octavyanti, Ni Putu Liana, dan I. Gusti Agung Ayu Wulandari. 2021. “Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD.” Jurnal Edutech Undiksha 9(1):66–74.
Purnama, Syifa Jamilah, dan Puri Pramudiani. 2021. “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Google Slide pada materi pecahan sederhana di sekolah dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):2440–48.
Putra, I. Putu Didik Prawira, Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini, dan I. Made Astra Winaya. 2021. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 8(2):325–38.
Qurrotaini, Lativa, Nabilah Khusnussyifa, Venni Herli Sundi, dan Laily Nurmalia. 2020. “Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring.” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Vol. 2020.
Rangkuti, Anna Armeini. 2017. Statistika Inferensial Untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana
Rayanto, Yudi Hari. 2020. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Sanuhung, Fitriyani, Unik Hanifah Salsabila, Juliani Abd Wahab, Mukhlisatinnisa Amalia, dan Mira Ifta Rimadhani. 2022. “Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan).” Jurnal Pendidikan Glasser 6(1):20. doi: 10.32529/glasser.v6i1.1352.
Sianturi, Rektor. 2022. “Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis.” Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama 8(1):386–97. doi: 10.53565/pssa.v 8i1.507.
Suryana, Dadan, dan Aini Hijriani. 2022. “Pengembangan media video pembelajaran tematik anak usia dini 5-6 tahun berbasis kearifan lokal.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(2):1077–94.
Tegeh, I. Made, Alexander Hamonangan Simamora, dan Kadek Dwipayana. 2019. “Pengembangan media video pembelajaran dengan model pengembangan 4D pada mata pelajaran Agama Hindu.” Mimbar Ilmu 24(2):158–66.
Tenri Awaru, A. Octamaya. 2021. “Sosiologi Keluarga.”
Usmadi, Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7(1):50–62. doi: 10.31869/ip.v7i1.2281
Wahyudi, I. Made Dody, dan Anak Agung Gede Agung. 2021. “Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(1):49–58.
Yuanta, Friendha. 2020. “Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1(02):91–100.
Zahroh, Siti Fatimatus, Universitas Sunan, Giri Surabaya, Budi Purwatiningsih, Universitas Sunan, Giri Surabaya, Solchan Ghozali, Universitas Sunan, dan Giri Surabaya. n.d. “Hub Ungan Media Audio Visual Rokat Tase ’ Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas Iv Di SDN Mandung 03.” 19:121–31.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Nyoman Alit Jayantara, Anak Agung Gede Agung, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.