Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.26957Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa kelas IV di SD Gugus VI Mengwi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan kelompok Non-equivalent Post Test Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di Gugus VI Mengwi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 182 orang. Teknik yang diterapkan dalam penentuan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Sampel kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah Kelas IV SD No 3 Kapal sebanyak 40 orang dan sampel kelompok kontrolnya yaitu kelas IV SD No. 4 Kapal sebanyak 36 orang. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui tes. Data post-test kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 80, 68 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 73. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 74 didapat t-tabel = 2,000. Sedangkan t-hitung = 3,898 (t-hitung > t-tabel).Dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Media Audio Visual berpengaruh secara signifikan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV di SD Gugus VI Mengwi.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Audio Visual, IPA
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Amanda Sari, N. L. B., Adnyana Putra, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv. Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10755
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Effect Of Guided Inquiry Learning Model Towards Student Learning Outcomes And Critical Thinking Ability. J. Pijar Mipa, 13(2), 94–99. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13.I2.468 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Benny. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Pt Balebat Dedikasi Prima.
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). Model Pendidikan Paulo Freire, Refleksi Pendidikan Ipa Sd Di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire Dengan Pendidikan Ipa Di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.23917/Ppd.V1i1.2745 DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 (Strategi Alternatif Pembelajaran Di Era Global). Yogyakarta: Kalimedia.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, 1(1), 841–850. Https://Doi.Org/10.23819/Pi.V1i1.3576
Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Harnum, Y. P. (2016). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Institutional Repositories & Scientific Journal, 16–50.
Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kps Dan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 3(2), 150. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V3i2.14871 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V1i1.10126 DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126
Kurniasih, I., & Berlin, S. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Murfiah, U., & Saraswati, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar Uum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 94–114. Https://Doi.Org/10.11428/Jhej1987.42.189 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.230
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. Https://Doi.Org/10.14710/Jati.13.1.17-26 DOI: https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Purwanti Dewi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Edusains, 3(2), 28–39.
Putri, H., Indrawati, I., & Mahardika, I. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321-326–326.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Samatowa, U. (2016). Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Pt Indeks.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Saputro, B. C. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Sifat-Sifat Cahaya Dengan Metode Inkuiri Pada Kelas V Semester Ii Sd Negeri Sumogawe 04. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.
Sari, D. N., Utami, S., & Uliyanti, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas V. Dk, 9, 1–11. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004 DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal. Taraf Kesukaran, Butir Tes, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Valliditas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Journal Unipdu, 2(2), 192–213. Journal.Unipdu.Ac.Id/Index.Php/Dirasat/Article/Download/879/637%0a%0a
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Suharsimi, A. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Bumi Aksar). Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran;, 5, 26–37. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V4i1.56 DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Imdustri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Et.V2i2.101343
Trianto. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktvistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Ulya, S., Hindarto, N., & Nurbaiti, U. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiryberbasis Think Pair Share (Tps) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas Xi Sma. Unnes Physics Education Journal, 2(3), 1–7.
Yusra, R. Al. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Al Murabbi, 2, 101–112. Https://Doi.Org/10.35891/Amb.V5i1.1854 DOI: https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.