Multimedia Interaktif Berorientasi Model Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • I Gusti Agung Ayu Putu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49771

Keywords:

Hannafin and Peck, Pembelajaran Kooperatif, Multimedia Interaktif

Abstract

Rendahnya penggunaan media pembelajaran oleh guru berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap pengembangan multimedia interaktif dengan berorientasi model cooperative learning dan menganalisis tingkat efektivitas dari media yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan siswa – siswi kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dan informasi yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan tes. Validasi dari multimedia interaktif dilaksanakan oleh 3 ahli yaitu: ahli media, ahli desain, ahli isi materi, selanjutnya dilaksanakan uji coba produk yang meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi dari tiga ahli yaitu: ahli media berada pada kategori sangat baik dengan persentase. 96%. Ahli desain berada pada kategori baik dengan persentase 82,5%.  Ahli isi materi berada pada kategori sangat baik dengan persentase 91,42%, dan hasil dari subjek uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 92,6%, uji coba kelompok kecil berada pada kategori baik dengan persentase 85,5% setelah dilakukannya validasi oleh beberapa ahli dan sudah di uji coba dengan siswa – siswi, maka produk multimedia interaktif dinyatakan layak untuk digunakan.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020a). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020b). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 32–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Andriyani, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Education and Development, 8(3), 51.

Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1). https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001

Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202

Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar Tri. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081. DOI: https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081

Maesaroh, S., Hasna, A., DR, Y., & ZN, F. (2019). Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 168–172.

Magdalena, I., Rahmanda, F. P., Armianti, I. J., & Nabilah, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online terhadap Prestasi Siswa di SDN Sukamanah 01. Jurnal Bintang : Pendidilan Dan Sains, 2(3), 431–445. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i3.1000.

Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director pada Materi Usaha dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.

Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10

Namiroh, S. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 53–67. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1587. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1587

Ningsih, S. R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Model Drill Practice pada Pendidikan Agama. Jurnal Ipteks Terapan, 12(4), 268. https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i4.1674. DOI: https://doi.org/10.22216/jit.2018.v12i4.1674

Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Pesawat Sederhana untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131

Panjaitan, R. G. P., Titin, & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Puspitawati, O. A., & Mawardi. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Dan Pendidikan, 3(2), 2017. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491

Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204. DOI: https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204

Suparyono, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 016 Marsawa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 950. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6536

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam Membangun Komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 213–222. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.121. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.121

Yuliana, F. D., Susilaningsih, & Abidin, Z. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile pada Bahasa Inggris. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–110. https://doi.org/10.17977/um038v 5 i 1 202 2 p 011. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p011

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Wulandari, I. G. A. A. P., Agung, A. A. G. ., & Suartama, I. K. . (2022). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 393–402. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49771

Issue

Section

Articles