Video Interaktif Berbasis Problem Solving sebagai Media Pembelajaran Unik bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Sesilia Dwi Laura Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46600

Keywords:

Video Interaktif, Problem Solving, IPS

Abstract

Latar belakang penelitian yaitu keterbatasan guru dalam penggunaan media ajar saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguraikan rancang bangun media video pembelajaran interaktif dan menganalisis kelayakan media video pembelajaran interaktif. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model ADDIE. Metode pada saat pengumpulan data penelitian yaitu kuesioner/angket. Subjek sebagai responden penelitian yaitu ahli dan siswa. Uji rancangan produk meliputi ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif serta kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan media video pembelajaran interaktif menurut  ahli isi pembelajaran yaitu sebesar 92,30%. Persentase kelayakan menurut ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 97,50%. Persentase kelayakan menurut ahli media pembelajaran yaitu sebesar 100%. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba perorangan yaitu sebesar 96,66%. Tingkat persentase kelayakan menurut uji coba kelompok kecil yaitu sebesar 97,66% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil review para ahli dan hasil uji coba produk, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran interaktif berbasis problem solving pada muatan IPS materi sumber daya alam layak untuk diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV sekolah dasar.

References

Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010

Ariani, K. R., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 217. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260

Arsana, I. W. O. K., & Sujan, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134–143. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Iridianti, Susbiyanto, Kuswanto, & Ikhlas, M. (2019). E-Module Based Problem Solving in Basic Physics Practicum for Science Process Skills. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(15), 4–17. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4828. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal, 11(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Gafar, H., & Haryati, T. (2021). Model Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19 Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS, 11(2), 74–79. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2.482. DOI: https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2.482

Hasibuan, D., Taufik, M., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3(2), 387–393. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65. DOI: https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65

Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Herlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Civics & Social Studies, 4(2), 102–108. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925. DOI: https://doi.org/10.31980/civicos.v4i2.925

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285

Kahar, M. I., Cika, H., Afni, nur, & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40. DOI: https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40

Karisma, R., Mudzanatun, M., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Audio Visual untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 216. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19255

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442. DOI: https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.

Munastiwi, E. (2021). Adaptation of Teaching-Learning Models Due to Covid-19 Pandemic: Challenge towards Teachers Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32695. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32695

Neni, I., & Dewi, H. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisis Pemafaatan Teknologi Informasi dalam Pemeblajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pradipta, K. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS dI SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 199–209. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11107

Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/33696/15360.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Putra, I. N. T. A., & Kartini, K. S. (2020). Implementation of Mobile-Based Interactive Learning Media Case Study : Class XI Hydrocarbons Material. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 43–52. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536

Putri, S. A., & Fathoni, A. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3163. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3163

Rahayu, S., Ladamay, I., Kumala, F. N., Susanti, R. H., & Ulfatin, N. (2021). LKPD Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6110–6119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1791. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1791

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50–58. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271–282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Tarida, L., & Indriyani. (2020). Pemanfaatan Google Classroom dan Video Pembelajaran berbasis Problem Solving sebagai Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(1), 16–20. https://amn.ac.id/ojs/index.php/saintara/article/view/88.

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398. DOI: https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). The Impact of Covid19 Pandemics on the Utilization of E Learning. Dimensi, 9(2), 307–322. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/viewFile/2543/1790. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2543

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Laura, S. D., & Sujana, I. W. (2022). Video Interaktif Berbasis Problem Solving sebagai Media Pembelajaran Unik bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 96–107. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46600

Issue

Section

Articles