Multimedia Interaktif Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63362Keywords:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Profi Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan belum mampunya guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar IPS siswa menjadi rendah. Maka dari itu, diperlukan sebuah media yang mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila yang diperuntukkan bagi siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 19 siswa kelas V SD. Hasil uji rancang bangun oleh ahli memperoleh skor sebesar 90,91% (sangat baik), hasil uji kelayakan ahli isi diperoleh skor sebesar 90,63% (sangat baik), ahli desain sebesar 90% (sangat baik), ahli media sebesar 90,91% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 94,05% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 93,06% (sangat baik), dan uji coba lapangan sebesar 92,58 (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung sebesar 8,487. Dengan demikian, multimedia interaktif berorientasi Profil Pelajar Pancasila materi interaksi manusia dengan lingkungan kelas V efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, diharapkan guru mampu menghadirkan media pembelajaran yang inovatif bagi siswa.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049.
Adikusuma, H., Mahadewi, L. P. P., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 28–38. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20274.
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Persepektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Agustina, H., Roesminingsih, M. V., & Jacky, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantu Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pelajaran IPS Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 567–571. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2803.
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.
Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Hadi Saputra, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291.
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101.
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066.
Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi, S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar. Teknodika, 14(2), 62. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733.
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582.
Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Literasi Berpikir Kritis, 5(I), 53. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9506.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Jessica, A. R. A., Harmianto, S., & Mareza, L. (2020). Penerapan Literasi Digital dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis E-Learning Tema 8 Bumiku Kelas VI SD Negeri 2 Purbalingga Lor. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 139–146. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.529.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://core.ac.uk/download/pdf/327227393.pdf.
Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502.
Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198.
Lutfi, B., Abdu, A., Abd, H., & Hermuttaqien, B. P. F. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Elementary School Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke SD An, 7, 326–335. https://doi.org/10.1007/s00712-023-00827-w.
Najib, B. A. M., Setyosari, P., & Soepriyanti, Y. (2018). Multimedia Interaktif untuk Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 29–34. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3242.
Ngazizah, N., & Laititia, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Komik Berbasis Budaya Lokal untuk Penguatan Karakter Sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1258–1263. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5446.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333.
Pratiwi, A. D., Amini, A., Nasution, E. M., Handayani, F., & Mawarny, N. P. (2023). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP dan SMA). El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 606–617. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i3.2818.
Qodr, T. S., Efendi, A., & Musadad, A. A. (2021). Opportunities for Using Smartphones in the Digital Era to Facilitate Students in Learning Sociology in High Schools. Journal of Education Technology, 5(2), 263–271. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.34806.
Rahmayana, Kadirman, & Purnamawati. (2018). Peningkatan Hasil Belajar K3Lh Melalui Pemberian Kuis Pembelajaran Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(1), 88. https://doi.org/10.26858/jptp.v3i1.5201.
Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pempelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863.
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847.
Tabrani, M. B., Puspitorini, P., & Junedi, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Kualitas Instrumen Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.42943.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu.
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320.
Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. Il. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Made Yogi Diputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.