PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF BERBASIS TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DINI ANAK

Authors

  • Ni Md. Malini Mas Udayani Rangkan .
  • Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi dini anak, antara anak yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif berbasis talking stick dengan anak yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan konservatif pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus Melati Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus Melati berjumlah 510 anak. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling. Adapun sampel penelitian ini adalah kelompok B1 TK Gita Maharani berjumlah 28 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 berjumlah 22 anak sebagai kelompok kontrol. Data hasil kemampuan literasi dini dikumpulkan dengan teknik observasi menggunakan instrument lembar observasi kemampuan literasi dini. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung=12,597 dan dengan taraf signifikan 5%,dk = 48 diperoleh t_tabel = 2,021. Maka, thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan literasi dini anak, antara anak yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif berbasis talking stick dengan anak yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan konservatif pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus Melati Kecamatan Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : anak, kemampuan literasi dini, pendekatan komunikatif berbasis talking stick

This study aims to determine differences in the ability of children's early literacy, between children who received learning using a communicative approach based on talking stick with children who received learning using a conservative approach based on talking stick in children of group B of Gugus Melati Kindergarten North Denpasar District academic year 2017/2018. This study included a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. The population of this study is the children of group B Gugus Melati Kindergarten. The total amount of the children is 510. The sample is determined by simple random sampling technique. The sample is B1 TK Gita Maharani group of 28 children as the experiment group and B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 group of 22 children as the control group. The data is collected using observation technique as well as the observation sheet as the instrument. The data obtained is analyzed using descriptive statistics and inferential statistics (T-test). The T-test result shows that t_hitung = 12.597 and with a significant level of 5%, dk = 48 obtained ttabel = 2.021. Thus, thitung> ttabel, moreover, H0 is rejected and HA is accepted. In conclusion, there are significant differences in early literacy ability of children, between children who received learning using a communicative approach based on talking stick with children who received learning using a conservative approach in children of group B of Gugus Melati District Kindergarten North Denpasar academic year 2017/2018.
keyword : children, communicative approach based on talking stick, early literacy ability

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

., N. M. M. M. U. R., ., D. I. N. J., & ., D. P. A. A. S. M. (2018). PENGARUH PENDEKATAN KOMUNIKATIF BERBASIS TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DINI ANAK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15181

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>