Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362Keywords:
Multimedia, Interaktif, ProfesiAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran daring guru mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi pada proses pembelajaran dan membutuhkan bantuan media untuk menunjang proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menguji validitas multimedia interaktif pada sub tema profesi untuk anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini dengan kemampuan yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode non tes dengan intrumen berupa kuisioner. Data hasil penelitian kemudian diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ahli isi media pembelajaran memperoleh skor 95% dengan ketegori sangat baik, hasi uji ahli desain pembeajaran memperoleh skor 87,05% dengan kategori baik, uji ahli media memperoleh skor 85% dengan kategori baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh hasil 91,67% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa produk multimedia interaktif sub tema profesi ini layak digunakan dan dikembangkan untuk pembelajaran anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu produk multimedia interaktif ini bisa menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, khususnya pada materi profesi anak usia dini yang akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
References
Adijaya, N. (2018). persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Baharuddin, I. (2020). Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education Management, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.24256/KELOLA.V5I2.1377.
Fathimah, N. S., & Ishartiwi, I. (2018). Pengembangan multimedia permainan interaktif pembelajaran berhitung bagi anak diskalkulia usia prasekolah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 115–128. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15541.
Febrialismanto. (2021). Perbedaan Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1603–1615. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.743.
Hadary, F., Yuniarni, D., Wulandari, R. S., Siahaan, S., & Mawarni, D. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Sumber Daya Alam Khas Kalbar Dalam Pembelajaran Di Paud. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.24853/yby.3.1.34-52.
Hanafri, M. I., Ramdhan, S., & Nisa, K. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Profesi Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Flash CS6. Jurnal Sisfotek Global, 7(2), 38–44. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v7i2.148.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Haryanto, & Friana, B. (2018). Aplikasi Permainan Edukatif Mengaji Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknik Informatika Unis, 6(1), 8–16. https://doi.org/10.33592/jutis.Vol6.Iss1.36.
Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218.
Hidayat, B. R. N., Nabil, P. S., Firmansyah, R., Muhtar, W., Mas, A., Ramli, R., Latif, A., & Robbani, F. J. (2020). Media Pembelajaran “ Singa Sang Raja Hutan ” Berbasis Aplikasi Adobe Flash untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.536.
Kaffah, S. A., Arafah, R. N., Rahimsyah, M. L., Nurfauziah, A., Alpiansah, A. B., Ziaul, D., Iskandar, H., Isada, G. J., & Firmansyah, R. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.542.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87/91.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949.
Munawaroh, H., Eka, A., Widiyani, Y., & Muntaqo, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. 5(2), 1164–1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619.
Norita, E., & Hadiyanto, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kognitif Berbasis Multimedia di TK Negeri Pembina Padang. Jurnal Basicedu, 5(2), 561–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.783.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.
Paseleng, M. C., & Arfiyani, R. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 131. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149.
Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557.
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21.
Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan guru dalam pembelajaran daring: Studi kasus di kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174.
Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.
Solfema, Wahid, S., & Pamungkas, A. H. (2018). Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Lingkungan dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 107–111. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.12.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudaryono, S., Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang. ICIT Journal, 4(2), 168–179. https://doi.org/10.33050/icit.v4i2.91.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbentuk game untuk menstimulasi aspek kognitif dan bahasa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194.
Wulandari, H., Turmudi, T., Purnama, A. L., Ginting, D. I., Robiatussa’diyah, D., Dewi, G. Y., Agustin, N. E., Hasan, N. A. F., & Lestari, S. D. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT untuk Menanggulangi Dampak Covid-19 dalam Bidang Pendidikan. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 145–153. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.956.
Zulmal, F. R., & Hidayati, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Adobe Captivate 9 Dalam Penanaman Nilai Kemandirian Anak Usia Dini. Inovtech, 2(1). https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)