Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514Keywords:
buku cerita, audio visual, empatiAbstract
Mengingat masih rendahnya kemampuan empati pada anak, sedangkan guru belum dapat memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang lebih efektif serta bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas buku cerita bergambar digital berbasis audio visual dalam upaya untuk menstimulasi kemampuan empati anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ada tiga yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga orang anak kelompok B. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan aplikasi buku cerita bergambar digital berbasis audio visual melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli materi memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 97% dengan kualifikasi sangat baik.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Anggraini, W. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Didaxei : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466.
Arofa, I. Z. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(61), 89–100. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435.
Asiah, A. (2019). Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 247–258. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-03
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578.
Astami, N. W. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 206. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996.
Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761.
Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. PROCEEDING: The 3rd Annual International on Islamic International Education, 3. https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr.
Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705.
Fujiyanto, A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576.
Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.
Handayani, L. (2020). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter pada Ranah Sekolah bagi Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Kendal. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.33494.
Hariyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Penelitian PAUD, 3(2), 106–120. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520.
Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668.
Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590.
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.
Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345.
Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.
Mardliyah, S. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.
Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040.
Mawarani, G. (2019). Hubungan Antara Kecenderungan Internet Addiction Dengan Empati Pada Anak Sekolah Dasar. Cognicia, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No1.%25p.
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas PAUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975.
Misnawan, I. W. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266.
Nashukah, F. (2013). Perbedaan Kematangan Emosi Remaja Ditinjau Dari Struktur Keluarga. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 93. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p93-102.
Nugraheni, I. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Education, 4(3), 322–329. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085.
Nur Hidayah, A., & Nurhadija, N. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart Paud, 1(1), 73. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523.
Nurani, I. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein Untuk SMA. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 90–95. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.1961.
Nurfazrina, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447.
Nurjanah, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201.
Pertiwi, K. S. (2020a). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335.
Pertiwi, K. S. (2020b). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335.
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.
Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.
Putri, A. D. (2020). Nilai Antikorupsi Dalam Buku Cerita Bergambar Peternakan Kakek Tulus dan Byur! KEMBARA :Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353.
Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812.
Rachmah, D. N. (2014). Empati Pada Pelaku Bullying Empathy At The Bullies. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487.
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717.
Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875.
Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.
Rosvita, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368.
Rosyadi, A. A. P. (2020). Development of Interactive Mathematic Stories (BuCIM) Based on Dienes Theory. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678.
Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 18–23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidiakan). Alfabeta.
Surachman, D. (2020). Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99.
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 110. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310.
Sutanti, T. (2015). Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 188–198. https://doi.org/10.26858
Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049.
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.
Tarini, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044.
Tegeh. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.
Vindaswari, R. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661.
Wicaksono, G. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Isi Cerita. Joyful Learning Journal, 9(4), 224–229. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40868.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)