E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital

Authors

  • I Wayan Sutama Prodi PGPAUD Universitas Negeri Malang
  • W. Astuti Universitas Negeri Malang
  • N. Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Keywords:

e-modul, strategi pembelajaran, PAUD

Abstract

Era digital berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk dalam pendidikan dan pembelajaran. Pembelajaran berubah dari pola tatap muka menuju ke arah dalam jaringan. Kemudahan dan mobilitas pembelajaran untuk mahasiswa S1 PGPAUD belum didukung oleh sumber belajar yang fleksibel, mudah diakses dan adaptif serta terprogram, sehingga mereka masih tergantung pada kehadiran dosen melalui web meeting dan atau tatap muka. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, diperlukan sumber dan program pembelajaran yang efektif dan efisien, serta menarik sehingga mahasiswa dapat belajar secara mandiri maupun kolaboratif secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul strategi pembelajaran anak usia dini, yang efektif, efisien dan menarik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model Borg & Gall. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGPAUD sejumlah 15 orang untuk uji kelompok kecil dan 40 orang untuk uji kelompok besar. Selain itu melibatkan penguji ahli materi dan desain pembelajaran masing-masing 2 orang. Untuk penguji ahli materi berasal dari dosen S1 PGPAUD dan penguji ahli desain dari dosen jurusan Teknologi Pembelajaran. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran quisener dalam bentuk google form. Analisis data menggunakan teknik prosentase. Simpulan penelitian ini adalah bahwa e-modul ini sangat layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar digital pada matakuliah Strategi pembelajaran Anak Usia Dini, karena memenuhi unsur keefektivan, keefisienan, dan kemenarikan.

References

Afrizawati, P., & Yusuf, M. (2016). Pengaruh E-Learning Dalam Pengembangan Teknoogi Informasi Pendidikan Di Politeknik Negeri Sriwijaya (Rekayasa Dan Non Rekayasa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 14(4). https://core.ac.uk/download/pdf/267823833.pdf.

Antara, I. G. W. S., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/ijerr.v3i2.25869.g15588.

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1–13. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829.

Atika, I., Fatimah Zahro, Rissa, A., Munggaraning, S., & Westhisi. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Din. POTENSIA, 4(2), 123–130. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8241.

Borg, W., & Gall, J. P. (2007). Educational research: An introduction. Pearson Education Inc.

Daniati, N. T. (2020). Video Referensi Sebagai Solusi Pembelajaran Animasi 3D di Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128.

Dopo, F. B., & Ismaniat, C. (2017). Persepsi Guru Tentang Digital Natives , Sumber Belajar Digital Dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidika, 3(1), 15–24. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/8280.

Efriyanti, L. & F. A. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1). http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132.

Feladi, V., Hendriyani, Y., Dewi, I. P., Darni, R., & Verawardina, U. (2020). The Profile of Technological Pedagogical and Content Knowledge of Information and Communication Technology Teachers. Test Engineering & Management, 83, 1666–1673..

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/689.

Jonassen, D. H., Peck, K. L., & Wilson, B. G. (1999). Learning with technology: A constructivist perspective. Special Education..

Koh, J. H. L., Chai, C. S., Benjamin, W., & Hong, H. Y. (2015). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) and Design Thinking: A Framework to Support ICT Lesson Design for 21st Century Learning. Asia-Pacific Education Researcher, 24(3), 535–543. https://doi.org/10.1007/s40299-015-0237-2.

Kumalasani, K. & M. P. (2020). Digital Skillguru Melalui E-Modul Sebagai Inovasi Bahan Ajar Di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.37729/jpd.

Kumullah, R., Djatmika, E. T., & Lia, Y. (2018). Kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa dengan problem based learning pada materi sifat cahaya". Teori, Pnelitian Dan Pengembangan, 3(2014), 1583–1586. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11798.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Edureligia, 2(2), 94–100. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511.

Nyoto, E. Y. W., & Amat, D. A. S. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 263–278.

Partono. (2019). Pemanfaatan Emodul Dalam Pembelajaran. SMAN 1 PEGANDON.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2). http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/9486.

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. KadikmA, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471.

Rachmatin, & Dewi, A. S. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana? Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284.

Rahmatika, H., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). A PBL-Based Circulatory System E-Module Based on Research Results to Improve Students ’ Critical Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. 9(4), 565–575. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25647.

Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan HOTS pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

Rodrigues, R. (2020). Legal and human rights issues of AI: gaps, challenges and vulnerabilities. Journal of Responsible Technology, 100005. https://doi.org/10.1016/j.jrt.2020.100005.

Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 175-183,. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/990.

Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak SD. Pendidikan Dasar, 7(1). http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/7371.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–275. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171.

Sudatha, I. G. W., Parmiti, D. P., & Simamora, A. H. (2020). Pengelolaan Sumber Belajar Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Proceeding Senadimas Undiksha 2020, 1585–1589. https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/217.pdf.

Sugianto, D. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Invotec, 9(2), 101–116. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/4860.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 222. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/11830.

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(127–139). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1654.

Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677.

Sutrisno. (2017). Membangun Jejaring Kerja Sebagai Bagian Peningkatan Diklat. FORUM MANAJEMEN, 7(1), 1–15. http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/162.

Wahyuningtyas, D. T., & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 12. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p12-20.

Yudiaatmaja, F. (2013). Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Media Komunikasi FIS, 12(2), 29–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/mkfis/article/view/1681.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449–456. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Issue

Section

Articles