Survei Pengetahuan Guru Mengenai Tindakan Bullying di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Damba Putri Syajuananda Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48857

Keywords:

Bullying, Pengetahuan, Guru

Abstract

Bullying telah menjadi budaya dalam dunia Pendidikan, tidak terkecuali pada jenjang Pendidikan anak usia dini. Bullying anak usia dini sering dipandang sebagai ‘bagian yang normal dari pertumbuhan’. Banyak guru yang kurang efektif dalam menangani bullying di kalangan anak dan cenderung mengabaikan. Pengetahuan guru memiliki peranan penting dalam menangani dan mencegah bullying di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengetahuan guru TK mengenai tindakan bullying, sesuai sembilan dimensi tindakan bullying. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Responden dalam penelitian adalah guru TK sebanyak 75 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang mengacu pada skala ukur dari Olweus dan Teacher Inventory of Skills and Knowledge (TISK). Data hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan guru mengenai tindakan bullying berada pada kategori “sangat tinggi” yaitu sebanyak 35 guru (46%). Analisis setiap dimensi pengetahuan menunjukkan responden dengan pengetahuan “sangat tinggi” terletak pada dimensi, definisi, bentuk-bentuk, karakteristik pelaku; karakteristik korban, dampak, waktu terjadinya bullying. Responden dengan pengetahuan “tinggi” terletak pada dimensi ciri-ciri; pencegahan; penanganan bullying, responden dengan pengetahuan “sedang” terletak pada dimensi karakteristik saksi; dan tempat terjadinya bullying. Variasi pengetahuan tindakan bullying yang dilihat pada setiap dimensi memberikan gambaran terkait titik-titik lemah guru dalam memahami fenomena bullying.

References

Adiyono, Irvan, & Rusanti. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 650–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Ahyani, L. ., Pramono, R. B., & Asuti, D. (2018). Empati dan Efikasi Diri Guru Terkait Kegiatan Belajar Mengajar Bebas Bullying. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 141–151. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI.

Alink, R. L. A., Mesman, J., Zeijl, J. V, Stolk, M. N., Juffer, F., Koot, H. M., Bakermans-Kranenburg, J. M., & Ijzendoorn, M. H. V. (2006). The Early Childhood Aggression Curve: Development of Physical Aggression in 10- to 50-Month-Old Children. Child Development, 77(4), 654–966. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2006.00912.x. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2006.00912.x

Araya, W., Natalia, D., & Marida, C. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying dengan Metode Role Play Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja SMPN. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 9(2), 616–626.

Arofa, I. Z. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(61), 89–100. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435. DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435

Arumsari, A. D., & Dedi, S. (2018). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. Media of Teaching Oriented and Children, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739. DOI: https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.739

Bili, F. G., & Sugito, S. (2020). Perspektif Orang Tua Tentang Perilaku Bullying Anak TK: ditinjau dari Tingkat Pendidikan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1644–1654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.939

Carney, J. ., Liu, Y., & Hazler, R. J. (2018). A Path Analysis on School Bullying and Critical School Environment Variables: A Social Capital Perspective. Children and Youth Services Review, 93, 231–239. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.07.029. DOI: https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.07.029

Dedousis-Wallace, A., Shute, R., Varlow, M., Murrihy, R., & Kidman, T. (2013). Predictors of Teacher Intervention in Indirect Bullying at School and Outcome of a Professional Development Presentation for Teachers. Journal of Experimental Educational Psychology, 34, 862–875. https://doi.org/10.1080/01443410.2013. DOI: https://doi.org/10.1080/01443410.2013.785385

Dini, J. P. A. U. (2022a). Penggunaan Aplikasi Android Smart Parenting untuk Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua tentang Bullying. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4309–4320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1874. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1874

Dini, J. P. A. U. (2022b). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910–2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313.

Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2016). Pendidikan Orang Tua Dan Aspek-aspek Kepribadian Pada Prilaku Disruptif Anak. Empaty, 5(3), 491–502. https://media.neliti.com/media/publications/69811-ID-none.pdf.

Gading, I. K., Nisa, U., & Lestari, L. P. S. (2017). Keefektifan Konseling Behavioral Teknik Modeling dan Konseling Analisis Transaksional Teknik Role Playing untuk Meminimalkan Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 157 – 164. https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p157. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v2i42017p157

Gong, Z., D.Reinhardt, J., Han, Z., Ba, Z., & Le, S. (2022). Associations between school bullying and anxiety in children and adolescents from an ethnic autonomous county in China. Psychiatry Research, 314, 114649. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2022.114649. DOI: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2022.114649

Hardhiyanti, R. S., Pandjaitan, L. N., & Arya, L. (2020). Efektivitas social skills training (SST) untuk mereduksi intensitas bullying pada remaja. Jurnal Psikostudia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3586. DOI: https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3586

Hay, D. . (2016). The Early Development of Human Aggression. Child Development Perspectives, 0(0), 1–5. https://doi.org/10.1111/cdep.12220. DOI: https://doi.org/10.1111/cdep.12220

Husuna, F., Sondakh, S. ., & Wasak, M. . (2019). Peran Gender Pada Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Nelayan di Desa Bulawan Induk Kecamatan Kota Bunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 7(14), 1343–1354. https://doi.org/http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/akulturasi. DOI: https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.1.2019.24396

Johansson, S., Myrberg, E., & Toropova, A. (2022). School bullying: Prevalence and variation in and between school systems in TIMSS 2015. Studies in Educational Evaluation, 74, 101178. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101178. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101178

Krisdian, E. A., & Subekti, I. (2021). E-Book Cerita Bergambar Pencegahan Bullying Untuk Anak Usia 9-11 Tahun Berbasis Alkitab. Aletheia Christian Educators Journal, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68. DOI: https://doi.org/10.9744/aletheia.2.1.57-68

Kurnia, Astuti, I., & Yusuf, A. (2019). Perilaku Bullying Verbal Pada Peserta Didik Kelas IX SMP LKIA Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31923.

Luka, L. ., Nocentini, A., & Manesini, E. (2019). The Teacher’s Role in Preventing Bullying. Frontiers in Psychology, 10, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01830. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01830

Luo, X., Zheng, R., Xiao, P., Xie, X., Liu, Q., & Zhu, K. (2022). Relationship between school bullying and mental health status of adolescent students in China: A nationwide cross-sectional study. Asian Journal of Psychiatry, 70, 103043. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2022.103043. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ajp.2022.103043

Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Keterampilan Membaca Soal Cerita Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179–188. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189

Maghfiroh, N. ., & Sugito. (2022). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175–2182. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1845. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1845

Menesini, E., & Christina, S. (2017). Bullying in Schools: The State of Knowledge and Effective Interventions. Psychology, Health & Medicine, 22(1), 240–253. https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740. DOI: https://doi.org/10.1080/13548506.2017.1279740

Monks, C. P., Smith, P. ., & Swettenham, J. (2005). Psychological Correlates of Peer Victimization in Preschool: Social Cognitive Skills, Executive Function and Attachment Profiles. Aggressive Behavior, 31(6), 571–588. https://doi.org/10.1002/ab.20099. DOI: https://doi.org/10.1002/ab.20099

Ningrum, S. D., & Soeharto, T. N. E. D. (2016). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Bullying di Sekolah pada Siswa SMP. Indigenous, 13(3), 29–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v13i1.2318.

Nugroho, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. CV Sarnu Untung.

Olweus, D., Limber, S. P., & Breivik, K. (2019). Addressing Specific Forms of Bullying: a Large Scale Evaluation of The Olweus Bullying Prevention Program. International Journal of Bullying Prevention, 1, 70–84. https://doi.org/10.1007/s42380-019-00009-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s42380-019-00009-7

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children’s Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Prasetyo, A. B. . (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya Bagi Masa Depan Anak. El Tarbawi, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art2. DOI: https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art2

Prasetyo, G., Hidayatullah, M. F., Akhyar, M., Wiranto, & Perdana, R. (2020). Strengthening Students’ Character Through Multimedia Learning in Primary Schools Education: Systematic Literature Reviews. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 268–277. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328. DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8328

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Puspita, S. A. L., & Ikke, H. (2020). Penelitian Aksi Terhadap Guru PAUD dan TK: Meningkatkan Pengetahuan Pendidik Tentang Bullying di Sekolah Melalui Kegiatan Psikoedukasi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p01. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p01

Putri, F. ., & Cristiana, E. (2018). Konseling Rasional Emotif Perilaku untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Korban Verbal Bullying. Jurnal Bimbingan Konseling UNESA, 9(1), 78–85. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/26263/24049.

Putri, L.A.D, Yeti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 715–732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Putri, Lidia Anjelina Dey, Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Rahman, N. A. B. ., Choi, L. J., Raman, A., & Rathakrishnan, M. (2017). Primary School Teacher’s Self-Efficacy in Handling School Bullying: A Case Study. IJELS: International Journal of English Literature and Social Sciences, 2(4), 188–202. https://doi.org/10.24001/ijels.2.4.23. DOI: https://doi.org/10.24001/ijels.2.4.23

Saracho, O. N. (2016). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45, 453–460. https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y. DOI: https://doi.org/10.1007/s10643-016-0793-y

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953. DOI: https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPPS. Kencana.

Sitasari, N. ., Rahmawati, W., Rozali, Y. A., & Agustina, N. (2020). Pengetahuan Mengenai Perundungan Pada Guru di Jakarta Ditinjau Dari Jenjang Mengajar. Media of Teaching Oriented and Children, 4(2), 184–199. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/1260.

Tjahjono, S., & Nita, V. (2019). Pencegahan bullying di sekolah dasar melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.256.

Wahyuni, V., & Rismareni, P. (2019). Perilaku Bullying Pada Anak Usia 5-6 Tahun Studi Kasus Taman Kanak-Kanak. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(2), 159–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.2650150.

Widaningtyas, L., & Sugito. (2022). Perspektif Orang Tua dan Guru Mengenai Bullying Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2910–2928. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2313

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Syajuananda, D. P., & Tirtayani, L. A. (2022). Survei Pengetahuan Guru Mengenai Tindakan Bullying di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 245–254. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.48857

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>