Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulasi Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.51579Keywords:
Digital Learning Media, Learning Technology, Literacy SkillsAbstract
Keterampilan literasi anak sangat penting distimulasi karena berhubungan dengan kemampuan pengetahuan huruf, bunyi huruf, kesadaran fonemik, dan konsep tulisan. Salah satu media yang dapat menstimulasi keterampilan literasi anak usia dini adalah media pembelajaran digital, dimana penggunaan teknologi mulai dikenalkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus, mengenai persepsi dan efektivitas media pembelajaran digital dalam menstimulasi keterampilan literasi anak. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Secara lebih lanjut penelitian ini melibatkan 25 orang guru PAUD sebagai partisipan. Partisipan dipilih menggunakan purposeful sampling. Pegumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi dan wawancara, dengan instrument penelitian berupa pedoman wawancara. Data yang dipilih dalam penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil analisis penelitian menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran digital dapat menstimulasi keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran digital dapat digunakan untuk menstimulasi keterampilan literasi anak usia dini di Lembaga PAUD.
References
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480.
Andriani, N. L. M. D., Wiarta, I. W., Fajrina, L. N., Nuroni, E., Afrianti, N., Hendraningrat, D., Fauziah, P., Khoirunnisa, M. F., & Vinayasari, A. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Motorik Halus Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(02), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.vxix.xxx.
Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(9), 837–849. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i9.1159.
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159.
Ayu, S., Pinatih, C., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.
Baiti, N., & Zulkarnaen, M. (2021). Pelatihan Stimulasi Keterampilan Literasi Awal Melalui Media Poster Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 71. https://doi.org/10.17977/um050v4i2p71-77.
Binsa, U., & Khasanah, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Dengan Metode Teka-Teki Bergambar Di Ra Ar-Romaliyah Dusun Slumbung Desa Padas Tahun Pelajaran 2021/2022. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.660.
Damayanti, Y., & Watini, S. (2022). Peran TV Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2646–2653. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.737.
Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781.
Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.184.
Handoko, H., Utami, N. R., Novitasari, K., Sakti, S. A., & Widyastuti, T. M. (2019). Pelatihan Pengembangan Strategi Pembelajaran Literasi Awal Pada Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.224.
Hoyne, C., & Egan, S. M. (2019). Shared book reading in early childhood: A review of influential factors and developmental benefits. An Leanbh Og, 12(1), 77–92. https://www.researchgate.net/publication/335627073.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642.
Khamidah, A., & Ita Sholichah, N. (2022). Digital Pop Up Learning Media for Early Childhood Cognitive Development. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 11. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5833.
Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177.
Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2018). Supporting Literacy and Digital Literacy Development in Early Childhood Education Using Storytelling Activities. International Journal of Early Childhood, 50(3), 371–389. https://doi.org/10.1007/s13158-018-0230-z.
Miranda, D., R., M., Linarsih, A., & Amalia, A. (2022). Pengenalan Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3844–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2767.
Mujiono, Degeng, I. N. S., & Henry Praherdhiono. (2018). Pengembangan Pembelajaran Sistem Blended Berbasis Universal Design for Learning untuk Kelas Inklusif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 758–763. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i6.11163.
Mutmainnah. (2019). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401.
Neumann, M. M. (2018). Using tablets and apps to enhance emergent literacy skills in young children. Early Childhood Research Quarterly, 42(1), 239–246. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.10.006.
Novitasari, K. (2019). Penggunaan Teknologi Multimedia Pada Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 50. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1435.
Novrianti, N. N. (2018). E-Modul Computer Based Learning Sebagai E-Resource Digital Literacy Bagi Mahasiswa. Journal of Educational Studies, 3(1), 58. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.646.
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77.
Piasta, S. B., Park, S., Farley, K. S., Justice, L. M., & O’Connell, A. A. (2020). Early childhood educators’ knowledge about language and literacy: Associations with practice and children’s learning. Dyslexia, 26(2), 137–152. https://doi.org/10.1002/dys.1612.
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56. https://doi.org/10.31258/jope.1.2.56-65.
Risna, N. W., & Purandina, P. Y. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2). https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.15.
Ritonga, R. A., & Sutapa, P. (2020). Literasi dan Gender: Kesenjangan yang Terjadi di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 965–974. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749.
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.
Rosandi, A. K. F. (2019). Pembelajaran Kapilaritas terhadap Pertumbuhan Tanaman untuk Melatih Kreativitas Anak Usia Dini. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 88–112. https://doi.org/10.35896/ijecie.v3i2.79.
Rosmiati. (2020). Aspects of visual communication design in animated learning media for early childhood and kindergarten. International Journal Of Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.31295/ijss.v3n1.260.
Safitri, F., Ali, F. N., & Latipah, E. (2022). Ketidakmampuan Membaca (Disleksia) dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7713.
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.%25p.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160.
Suyadi, M. P. (2021). Implementasi Pop-Up Comic Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Sebagai Media Literasi. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 67. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9290.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Utomo, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV Menggunakan Google Classroom. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1). https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7361.
Wilcox, M. J., Gray, S., & Reiser, M. (2020). Preschoolers with developmental speech and/or language impairment: Efficacy of the Teaching Early Literacy and Language (TELL) curriculum. Early Childhood Research Quarterly, 51(1), 124–143. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.10.005.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Malpaleni Satriana, Wiwik Haryani, Farny Sutriany Jafar, Febry Maghfirah, Antung Dewi Nurliana Sagita, Sopia, Farah Ananda Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)