Storytelling Bermuatan Nilai Nilai Pancasila Terhadap Kemampuan Berperilaku Sosial Anak Usia Dini Kelompok Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63385Keywords:
digital storytelling, nilai-nilai Pancasila, perilaku socialAbstract
Rendahnya kemampuan sosial yang dimiliki oleh anak usia dini disebabkan karena pendidik terlalu memfokuskan pada tuntutan hasil belajar, namun kurang memperhatikan perilaku anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian Pre-eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 30 anak. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan dua tahap yaitu dengan statistik analisis statistik inferensial melalui dan uji prasyarat analisis (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil kemampuan berperilaku sosial sebelum dibelajarkan menggunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila yaitu 17.83 sedangkan nilai mean atau rerata nilai anak yang dibelajarkan sesudah menngunakan storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila memiliki rata-rata yaitu 34.67. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig lebih besar dari 0,05. Disimpulkan bahwa storytelling bermuatan nilai-nilai Pancasila berpengaruh terhadap kemampuan berperilaku sosial anak usia dini.
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319. DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319
Amrullah, A., & Awalunnisah, S. (2022). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Sikap Empati Anak Di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi. Journal Golden Age, 2(6), 2. https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i1.5807.
Anggara, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Kognitif dan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18. DOI: https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.18
Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di TK Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21. DOI: https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21
Aryani, E. D., Fadjrin, N., Azzahro’, T. A., & Fitriono, R. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter. Gema Keadilan, 9(3). https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2022.16430
Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Fitriana, W. N. P., Kurniawati, H., & Muttaqien, M. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Story Reading terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 262–280. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395. DOI: https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.395
Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 1–9. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/420/289.
Harefa, A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Perilaku Sosial Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 271–277. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37. DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.37
Herminastiti, R., Mapappoleonro, A. M., & Jatiningsih, R. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Instruksional, 1(1), 43. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.43-55
Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.24853/yby.v5i2.11002.
Karlina, D. N., Widiastuti, A. A., & Soesilo, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Tk B Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di Tk Apple Kids Salatiga Semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 1–11. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/ article/view/6588. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.01
Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561. DOI: https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561
Kuswanto, C. W., Nabela, U., Uminar, A. N., & Muslih, A. (2021). Kiat-Kiat Mengembangkan Perilaku Baik (Akhlakul Karimah) Pada Anak Usia Dini. Asghar : Journal of Children Studies, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4148. DOI: https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4148
Masluchah, L., & Andriani, Z. (2022). Storytelling tentang prososial terhadap perilaku prososial anak. Golden Childhood Education Journal, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.406.
Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. (2020). Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal Community Empowerment, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92. DOI: https://doi.org/10.37411/jjce.v1i1.92
Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533
Nimatuzahroh, N., Khoirunnisa, H., & Niyarci, N. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Terhadap Generasi Alpha di Abad 21. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 7–12. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.1456. DOI: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.1456
Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive Storytelling Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209
Oktiawati, A., Pramita Widodo, Y., & Istianah, N. (2020). Storytelling Media Boneka Jari Kain Flanel Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Prasekolah. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(2), 9. https://doi.org/10.36308/jik.v11i2.235. DOI: https://doi.org/10.36308/jik.v11i2.235
Perdina, S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2019). Peningkatan Kemampuan Sosial melalui Bermain Kartu Estafet pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 440. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.222
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52–65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312. DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3863–3874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3660
Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1161
Sari, C. R., Hartati, S. H., & Yetti, E. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225
Sudyana, D. K., Satria, I. K., & Winantra, I. K. (2020). Konseling Behavioral Dan Penguatan Positif Dalam Meningkatkan Prilaku Sosial Peserta Didik. Widyanatya, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049. DOI: https://doi.org/10.32795/widyanatya.v2i02.1049
Susanti, S., Sumardi, S., & Nugraha, A. (2020). Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Aisyiyah 2. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 89–100. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.2. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v3i1.26671
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Murni Nawarsih Putri Zalukhu, I Gede Astawan, Dewa Gede Firstia Wirabrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)