Pengaruh Efektifitas Disiplin kerja Terhadap Kinerja guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rokan Hulu

Penulis

  • Tri Kumala Dewi Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Nurhafizah Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.66760

Kata Kunci:

Dispilin kerja, Kinerja guru, Taman kanak-kanak, Rokan Hulu

Abstrak

Kurangnya kedisiplin seorang pendidik dalam lingkugan sekolah yang membuat proses pembelajaran kurang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini untuk menjabarkan bagaimana pengaruh efektifitas disiplin kerja terhadap kinerja guru di Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan metode survey atau bisa digunakan dengan penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data dari seluruh guru di Taman Kanak-kanak Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan dari 8 sekolah dan Responden adalah 25 guru. Berdasarkan survey yang diberikan pada guru dengan hasilnya variabel kinerja guru yang berjumlah 24 butir, maka skor terendah adalah 54 dan yang tertinggi adalah 97 Rata-rata 92,02; simpangan baku 12,51; median 91,46; dan modus 88,17. Sebaran data ini menunjukkan bahwa skor rata-rata, median dan modus tidak jauh berbeda, hal ini menunjukkan bahwa sebaran data cenderung berdistribusi normal dan variabel disiplin kerja yang berjumlah 20 butir, maka skor terendah adalah 48 dan yang tertinggi adalah 102 Rata-rata 91,39; simpangan baku 14,12; median 90,50; dan modus 89,96. Sebaran data ini menunjukkan bahwa skor rata-rata, median dan modus tidak jauh berbeda, hal ini menunjukkan bahwa sebaran data cenderung berdistribusi normal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Disiplin kerja yang tercermin dari kesadaran, kesediaan, kepatuhan dan etika kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru yang tercermin dari kualitas kerja, ketepatan kerja, inisiatif dalam kerja, kemampuan kerja dan komunikasi.

 

Referensi

Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.927

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898. DOI: https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898

Anjani, N. F., & Dafit, F. (2021). Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 481–488. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828

Aprida, S. N., Fauziah, N., & Rosyid, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru PAUD Dalam Meningkatkan Daya Tarik Pembelajaran Di Era New Normal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 193–204. DOI: https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i2.6586

Azahra, A. D., Nabila Putri, D., & Asbari, M. (2023). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(04), 34–42. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i4.334.

Boysen, M. S. W., Sørensen, M. C., Jensen, H., Von Seelen, J., & Skovbjerg, H.-M. (2022). Playful learning designs in teacher education and early childhood teacher education: A scoping review. Teaching and Teacher Education, 120, 103884. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103884. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103884

Cheung, S. K., Fong, R. W., Leung, S. K. Y., & Ling, E. K. (2019). The roles of Hong Kong preservice early childhood teachers’ creativity and zest in their self-efficacy in creating child-centered learning environments. Early Education and Development, 30(6), 788–799. https://doi.org/10.1080/10409289.2019.1586224. DOI: https://doi.org/10.1080/10409289.2019.1586224

Damanik, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 163–170. https://doi.org/10.37755/sjip.v5i2.231 DOI: https://doi.org/10.37755/sjip.v5i2.231

Darmiatun, S., & Nurhafizah, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogig Dan Profesional Guru Tk Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 704–714. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.271.

Dewi, N. N. (2021). Pengaruh Motivasi Disiplin Kerja Dan Pengawasan Terhadap Kinerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 355. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.355-366.2021

Dewi, T. kumala, & Rianto, A. (2023). Manajemen Pendidikan Aank Usia Dini Di TK AL-Husai Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Cakrawala, 6(3), 285–290. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i3.358.

Effendi, M., & Yogie, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 88–98. https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654. DOI: https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.654

Eliza, D., Husna, A., Utami, N., & Putri, Y. D. (2022). Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005. Jurnal Basicedu, 6(3), 4663–4671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2837

Eliza, D., Nola Mulfiani, T., Abdiana, I., & Yunita, L. (2022). Analisis Standar Profesional Guru PAUD Menurut Undang-undang Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4607–4615. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2740.

Fransiska, W., Harapan, E., & Tahrun, T. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 1(3), 308–316. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.37. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21

Halidah, H., Sulaiman, S., & Aslamiah, A. (2022). The Effect Of Head Of Paud Supervision, Teacher Participation In Teacher Work Group On Teacher Performance Through Play Group Teacher Professional Competence. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i2.9981. DOI: https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v6i2.9981

Halim, I., & Sumarsih, S. (2022). Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rupit. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 96–102. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.22950. DOI: https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.22950

Hartayani, N. N. P., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Improving the Creative Character of Elementary School Students Through Tri Hita Karana Habituation. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(2), 67–76. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i2.49938. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i2.49938

Ichsan, R. N., Surianta, E., & Nasution, L. (2020). Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Ajudan Jenderal Daerah Militer (Ajendam)-I Bukitbarisan Medan. Jurnal Darma Agung, 28(2), 187. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.625. DOI: https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.625

Jameel, S., Peterson, A., & Arthur, J. (2021). Ethics and the good doctor: Character in the professional domain. In Ethics and the Good Doctor: Character in the Professional Domain. https://doi.org/10.4324/9781003137887. DOI: https://doi.org/10.4324/9781003137887

Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 224–229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236

Juandi, A., & Sontani, U. T. (2017). Keterampilan Dan Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 130. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8114. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8114

Kartika, N. K., & Ambara, D. P. (2021). Kompetensi Kepribadian dan Motivasi Mengajar Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 381–390. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39952

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487. DOI: https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.

Marienda, W., Zainuddin, M., & Hidayat, E. N. (2015). Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13271

Mulang, H. (2021). The Effect of Competences, Work Motivation, Learning Environment on Human Resource Performance. Golden Ratio of Human Resource Management, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.52970/grhrm.v1i2.52. DOI: https://doi.org/10.52970/grhrm.v1i2.52

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Nofrika, D. S., & Suryana, D. (2022). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Pendidikan Anak Usia Dini. 6(6), 6340–6347. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3445. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3445

Nofriyanti, Y., & Nurhafizah. (2019). Etika Profesi Guru PAUD Profesional dalam Mewujudkan Pembelajaran Bermutu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 276–684.

Nurtaniati, L. N. (2018). Studi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/1924.

Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335

Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24874

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791. DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22. DOI: https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.22

Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929–2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945

Schäfer, P. J., Corona-Strauss, F. I., Hannemann, R., Hillyard, S. A., & Strauss, D. J. (2018). Testing the Limits of the Stimulus Reconstruction Approach: Auditory Attention Decoding in a Four-Speaker Free Field Environment. Trends in Hearing, 22, 1–12. https://doi.org/10.1177/2331216518816600. DOI: https://doi.org/10.1177/2331216518816600

Sedana, I. M. (2019). Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 179. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.891. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.891

Septiani, V., & Cahyono, D. (2019). Education and training strategy in Palembang aviation college. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(3), 7891–7894. https://doi.org/10.35940/ijrte.C6561.098319. DOI: https://doi.org/10.35940/ijrte.C6561.098319

Siska, A. J. (2017). Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 1(02), 98–103. https://doi.org/10.36665/jusie.v1i02.139. DOI: https://doi.org/10.36665/jusie.v1i02.139

Sudaryati. (2021). Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran Berbasis Digitas (Daring) Melalui Supervisi Klinis di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 156–191. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.241.

Susanti, A., & Sa’ud, U. S. (2016). Efektifitas pengelolaan pengembangan profesionalitas guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5632. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5632

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449–456. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Sya’roni, Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785. DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785

Utari, K. T., & Rasto, R. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 238–245. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18019

Van Waeyenberg, T., Peccei, R., & Decramer, A. (2022). Performance Management and Teacher Performance: The Role of Affective Organizational Commitment and Exhaustion. The International Journal of Human Resource Management, 33(4), 623–646. https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881. DOI: https://doi.org/10.1080/09585192.2020.1754881

Wahyu, S., Rizal, F., & Syah, N. (2021). Teacher Performance analysis in the learning process. Journal of Education Research and Evaluation, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.23887/jere.v5i1.30758. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v5i1.30758

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan Antara Peran Guru Dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225–233. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Tri Kumala Dewi, Nurhafizah, & Dadan Suryana. (2024). Pengaruh Efektifitas Disiplin kerja Terhadap Kinerja guru Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(3), 430–438. https://doi.org/10.23887/paud.v11i3.66760

Terbitan

Bagian

Articles