PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X AP 2 SMK N 1 SERIRIT PADA MATA PELAJARAN MEMUTAKHIRKAN INFORMASI INDUSTRI PARIWISATA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpkk.v8i2.11741Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas X AP 2 SMK N 1 Seririt, pada mata pelajaran Memutakhirkan Informasi Industri Pariwisata dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP 2 SMK N 1 Seririt yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara memberikan lembar kuisioner untuk data terkait motivasi belajar. Sementara untuk lembar tes digunakan untuk pengumpulan data terkait dengan prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini untuk (1) motivasi belajar sebesar 55% dan berada dalam kategori motivasi cukup pada siklus I. Kemudian, meningkat sebesar 25% pada siklus II, sehingga menjadi 80% dan berada pada kategori motivasi tinggi. Untuk hasil (2) prestasi belajar, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 57,5%, dan meningkat sebesar 22,5% sehingga ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 80%.Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Motivasi belajar, Prestasi belajar siswa.
Abstract This research aimed to improve students’ motivation and learning achievement in grade ten of class hotel accommodation 2 (XAP2), in learning subject of Memutakhirkan informasi industry pariwisata by applying cooperative learning model type of Numbered Head Together (NHT). This research was kind of classroom based research. The sample in this research was all of students in class XAP2 SMK Negeri 1 Seririt , it was 40 students. The technique in collecting data was gave the questioner to the students to get data related to the learning motivation. Meanwhile, the test was given to students to collect data related to learning achievement. The result of this research is to (1) learning motivation about 55% and it categorized as sufficient at cycle 1. Then, it improves 25% at cycle 2, so it is be 80% and categorized as High motivation. For the result of (2) learning achievement, in cycle 1 the classical achievement is 57,5% and it improves 22,5% so the classical achievement at cycle 2 is 80%.
keyword : Cooperative Learning Model Type Of Numbered Head Together (NHT), Learning motivation, Students’ learning achievement
Published
2017-08-03
Issue
Section
Articles
License
Jurnal BOSAPARIS : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.