Arsip

  • Vol 7 No 2 (2024)

    Kata Pengantar

     

    Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya, Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (JMPP) Volume 7, Issue 2, Tahun 2024 dapat diterbitkan tepat waktu. Pada edisi kali ini, kami dengan bangga menyajikan berbagai artikel ilmiah yang berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu manajemen pariwisata, perhotelan, dan bidang-bidang terkait lainnya.

     

    Dalam edisi ini, pembaca akan menemukan kajian yang mendalam tentang berbagai topik strategis. Artikel "Optimalisasi Promosi dan Manajerial di Kampung Wisata Pelangi Kota Semarang" memberikan wawasan tentang pentingnya strategi promosi dalam pengelolaan destinasi wisata. Sementara itu, artikel lain seperti "Pengaruh Komponen 6A terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Fatahillah Kota Tua Jakarta" dan "Analisis Pengaruh Program Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus Pada The Body Shop Indonesia" menyoroti faktor-faktor penting yang memengaruhi pengalaman dan loyalitas pelanggan di sektor pariwisata dan retail.

     

    Isu kinerja karyawan di sektor perhotelan juga menjadi perhatian dengan adanya artikel "Analisis Faktor Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel AONE Jakarta" dan "Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan di Grand Rocky Hotel Bukittinggi". Selain itu, penelitian tentang kompetensi bahasa asing di dunia perhotelan disajikan dalam artikel "Persepsi Staf Front Office Terhadap Penguasaan Bahasa Prancis Sebagai Penunjang Pelayanan di Hotel Claro Kendari".

     

    Kami juga menghadirkan kajian tentang preferensi konsumen Muslim di industri makanan dan minuman dalam artikel "Pengaruh Konsep 'No Pork No Lard' Terhadap Minat Beli Konsumen Muslim Jakarta: Studi Kasus Pada Haidilao Gandaria City Jakarta". Sektor pariwisata pasca-pandemi Covid-19 menjadi fokus dari artikel "Pengaruh Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Angka Kunjungan melalui Citra Destinasi Jungleland Pasca Pandemi Covid-19".

     

    Kami berharap berbagai kajian yang kami sajikan dalam edisi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan di bidang manajemen pariwisata, perhotelan, dan industri terkait. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh penulis yang telah berkontribusi, serta kepada para mitra bestari yang telah memberikan masukan berharga untuk menjaga kualitas artikel yang diterbitkan.

     

    Akhir kata, kami berharap JMPP dapat terus menjadi wadah yang relevan dan berkualitas bagi perkembangan ilmu manajemen pariwisata dan perhotelan. Semoga edisi ini menginspirasi penelitian-penelitian selanjutnya dan memperkuat kolaborasi antara akademisi dan praktisi di bidang ini.

     

    Selamat membaca.

     

    Singaraja, Agustus 2024

    A.A. Ngurah Yudha Martin Mahardika

    Editor in Chief 

    Jurnal Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (JMPP)

  • Vol 6 No 1 (2023)