ANALISIS MINAT BACA SISWA PADA MATERI IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56548Keywords:
IPA; Minat Baca; PengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan minat baca siswa pada buku IPA serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu siswa, guru IPA, dan pustakawan sekolah. Populasi penelitian sebanyak 139 siswa dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Jumlah sampel yang didapat sebanyak 35 siswa terdiri dari kelas VII, VIII, dan IX. Pengumpulan data penelitian ini adalah observasi angket dan wawancara. Sampel wawancara diambil dengan teknik Purposive Sampling. Metode analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif untuk meneliti minat baca siswa, sedangkan data faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa melalui reduski data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menemukan (1) minat baca siswa di MTs Sunan Ampel Sumberkima yaitu, 8,5% siswa kategori sangat rendah, 37% siswa kategori rendah 28,5% siswa kategori sedang, 20% kategori tinggi, serta 6% kategori sangat tinggi. Hasil tersebut membuktikan bahwa minat baca siswa di MTs Sunan Ampel Sumberkima rendah. (2) Faktor-faktor yang memengaruhi minat baca siswa dilihat dari faktor internal terdiri dari usia, jenis kelamin, inteligensi, kemampuan membaca, sikap dan kebutuhan psikologis. Faktor eksternal terdiri dari ketersediaan jumlah buku-buku bacaan dan jenis-jenis bukunya, status sosial ekonomi orang tua, pengaruh orang tua, guru dan teman sebaya anak.
References
Astawan, I.G. dan I.G.A.T. Agustina. 2020. Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Era Revolusi 4.0. Badung: Nilacakra.
Ayunitias, E., dkk. 2019. “Pengaruh Manajemen Perpustakaan Sekolah terhadap Minat Baca Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Indralaya Utara”. Profit.Volume 6, Nomor 1 (hlm.49-56).
Balqis, A. U. 2021. “Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa di Kelas VI SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang”. School Edication. Volume 11, Nomor 3 (hlm.250-255).
Cahyono, H. 2019. “Pengaruh Pengelolaan Perpustakaan Sekola Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV”. Pendidikan Gru Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor 8 (hlm.308-316).
Dalman, H. 2013. Keterampilan Membaca. Depok: Rajagrafindo Persada.
Darmiawati, E. 2009. Karena Buku Senikmat Susu. Solo: Indiva Media Kreasi.
Dewi, Mirnawati, dkk. 2021. “Peran Guru dalam Menigkatkan Minat Baca Siswa Madrasah Aliyah Raudhatul Islamiyah Kecamatan Sungai Tabuk Kbupaten Banjar”. Pendidikan dan Pemikiran Islam. Volume 1, Nomor 1 (hlm.21-32).
Hapsari, Y. I., dkk. 2019. “Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang”. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, Volume 2, Nomor 3 (hlm.371-378).
Pratiwi, A. 2022. “ 9 Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Ampuh Mengatasinya”. Tersedia pada https://www.sehatq.com/artikel/anak-malas-belajar-telususri-akar-permasalahannya. (diakses tanggal 14 Juli 2022).
Purnami, P. 2019. “Tutor Sebaya dalam Upaya Penumbuhan Motivasi dan Minnat Baca Siswa”. Ilmiah Wuny, Volume 1, Nomor 2 (hlm.75-84)
Setyawatira, R. 2009. “Kondisi Minat Baca Di Indonesia”. Media Pustakawan. Volume 16, Nomor 2 (hlm.28–33). DOI: https://doi.org/10.37014/medpus.v16i1&2.904
Setyowati, R. T. 2017. “Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman”. Joyful Learning, Volume 6, Nomor 2 (hlm.78-83)
White, B. 2019. “Andragogi: Proses Belajar Orang Dewasa” Tersedia pada https://greatmind.id/article/andragogi-proses-belajar-orang-dewasa. (diakses tanggal 15 Juli 2022).
Yetti, R. 2009. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Minat Baca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan”. Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 1 (hlm.18-28). DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i2.27584