ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN STANDAR PROSES KURIKULUM DARURAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.60848Keywords:
Kurikulum Darurat, Pelaksanaan Pembelajaran, Perencanaan PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan standar proses kurikulum darurat serta mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru IPA dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA kelas VIII yang berjumlah 3 orang dan siswa kelas VIII. Objek dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil analisis kelengkapan komponen perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru A yaitu sebesar 82,3% yang termasuk dalam kriteria tinggi. Persentase yang diperoleh oleh guru B yaitu sebesar 79,7% yang termasuk dalam kriteria sedang. Sedangkan persentase yang diperoleh oleh guru C yaitu sebesar 81,4% yang termasuk dalam kriteria tinggi, (2) pelaksanaan pembelajaran berdasarkan standar proses kurikulum darurat yang dilakukan oleh ketiga guru belum terlaksana secara optimal. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kekurangan pada kegiatan pembelajaran, (3) kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan RPP yaitu mengembangkan indikator pembelajaran, mendesain pembelajaran daring yang kreatif dan cocok untuk siswa, serta merancang penilaian keterampilan pada setiap KD, (4) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu kurangnya sarana dan dan prasarana pembelajaran yang dimiliki siswa dan rendahnya motivasi belajar siswa serta kurang aktif dalam proses pembelajaran daring.
References
Allejar, M. 2017. Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan Terhadap Manajemen Kurikulum Untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. Khazanah Akademia, 1(01), 39-48.
Anugrahana, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Arjani, L. M., Subagia, I. W., & Sarini, P. 2020. Implementasi Kurikulum 2013 dan Faktor- Faktor yang Memengaruhi pada Pembelajaran IPA Kelas VII di SMP Negeri 4 Kubutambahan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 21-30.
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210-218.
Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurna l Paedagogy, 7(4), 281-288.
Aswari, E. T., Purwandari, P., & Sasono, M. 2017. Analisis Kesesuaian RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Siswa
Kelas VII SMP Negeri 3 Madiun. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), (pp. 218-223).
Auliya, N., Swistoro, E., & Putri, D. H. 2019. Analisis RPP dan Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 177-184.
Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2007. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses: Jakarta: Depdiknas.
Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 49-56.
Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad
Bogor: Ghalia Indonesia.
Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. 2021. Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541.
Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Jannah, M., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. 2021. Analisis Faktor Kesulitan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SDN 05 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 42-50.
Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Kusnandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardiana, S. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Historial. 5(1).
Menteri Pendidikan Nasional RI. 2016. Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Menteri Pendidikan Nasional RI. Lampiran Permendikbud No. 35 Tahun 2018, Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kemendikbud.
Miski, R. 2015. Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ta’dibi, 4 (2), 69-73.
Mulyasa. 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nurdin, I., dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Palobo, M., & Tembang, Y. 2019. Analisis Kesulitan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 pasal 20, tentang Standar Nasional Pendidikan.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, A., dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N., Auliyah, A. 2020. Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32-36.
Riana, I. G. A., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. 2016. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Banjar Jawa Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edutech Undiksha, 4(2).
Ruhimat, Toto dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar.
Bandung: Sinar Baru.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-124.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R.D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarbini, S., & Hasanah, E. (2021). Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Semin, Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).
Syatibi, R. R. 2013. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Azzagrafika.
Wardi. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Pemberian Apersepsi, Motivasi, Demonstrasi dan Penggunaan Alat Peraga Pelajaran IPA Kelas IV. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 183-203.