SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH ILMU LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.60846Keywords:
Ilmu lingkungan, Modul, Socio Scientific Issu (SSI)Abstract
Pendidikan lingkungan hidup merupakan suatu upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia demi menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang terjadi. Salah satu mata kuliah yang mendukung pendidikan lingkungan hidup di jenjang perguruan tinggi adalah ilmu lingkungan. Pembelajaran ilmu lingkungan di Program Studi Pendidikan IPA bertujuan untuk meningkatkan sikap dan kepedulian mahasiswa akan kelestarian lingkungan. Namun, faktanya berdasarkan hasil observasi, masih terdapat beberapa permasalahan pada mata kuliah ini seperti kurangnya bahan ajar dan sedikitnya isu kontekstual yang diangkat dalam perkuliahan. Salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan dengan keadaan di sekitar adalah Socio-scientific issue teaching and learning (SSI-TL). Melalui pembelajaran dengan pendekatan SSI-TL yang mengangkat isu lingkungan, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus sikap kepedulian peserta didik akan permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPA kelas 4B sebagai kelas eksperimen dan 4A sebagai kelas kontrol. Objek penelitian berupa hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan yang dimiliki siswa. Data diambil melalui teknik tes berupa soal dan non-tes berupa angket sikap peduli lingkungan. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik uji T untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan antara kedua kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan berupa hasil belajar kognitif dan sikap peduli lingkungan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.
References
Ahmad, M. (2010). Pendidikan Lingkungan Hidup dan Masa Depan Ekologi Manusia. Forum Tarbiyah, 8(1), 57-71.
Anagun, Sengul., & M.Ozden. (2010). Teacher Candidate Prespection Regarding Sosiocientific Issue and Their Competeins in Using Sosiocientific Issue in Science and Technology Instruction. Journal of Procedia Sosial and Behaviorial Science, 9(2), 981-983.
Andryani, F., Djafar, H., & Qaddafi, M. (2016). Penerapan Pendekatan SSI (Socio Scientifici Issues) dengan Menggunakan Edia Power Point Terhadap Kekemampuan Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Baru Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Fisika Universitan Islam Negeri Alauddin Makasar, 4(2), 64-66. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3705
Ariwidodo, E. (2014). Relevansi Pengetahuan Masyarakat Tentang Lingkungan dan Etika Lingkungan dengan Partisipasinya dalam Pelestarian Lingkungan. Nuansa, 11(1). 1-20. https://doi.org/10.19105/nuansa.v11i1.179
Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018). Pemahaman Akan Lingkungan Berkelanjutan. MODUL UNDIP, 18(2). 75-82. DOI: https://doi.org/10.14710/mdl.18.2.2018.75-82
Hifjir, H., & Agustizar, A. (2020). Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa SMP Negeri Se Kluet Raya Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Georafflesia, 5(2), 170-176. DOI: https://doi.org/10.32663/georaf.v5i2.1498
Istiqomah, I. (2019). Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di MAN-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata. Dinamika Lingkungan Indonesia, 6(2), 95-103. DOI: http://dx.doi.org/10.31258/dli.6.2.p.95-103
Khozin, M. N., Rahmawati, A., & Wibowo, T. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah Berpendekatan Socioscientific Issue Terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Phenomenon, 10(1), 51-61. DOI: 10.21580/phen.2020.10.1.6039
Kose, S. (2011). Investigation of Undergraduate Students’ Environmental Attitudes. International Electronic Journal of Environmental Education, 1(2), 85-96.
Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4 (2), 332-337. DOI: 10.30738/trihayu.v4i2.2238
Narut, F.Y., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3). 259-266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Isitiana, R., & Herawatia, D. (2019). Student Argumentation Skill Analysis of Socioscientific Issues in Solving Environmental Problems. Journal of Humanities and Social Studies, 3(1), 22–26. DOI: 10.33751/jhss.v3i1.1096
Presley, M.L., Sickel, A. J., Muslu, N., Johnson, D. M., Witzig, S. B., Izci, K., & Sadler, T. D. (2013). A Framework for Socio-scientific Issues Based Education. Science Educator, 22(1), 26-32.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Dwija Cendikia Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). 14-20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2
Rachmawati, R. C., & Diningsih, E. (2021). Pengenalan Sosio Scientific Issue secara Daring terhadap Kemampuan Penalaran Siswa. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1). 31-36. DOI: 10.26877/mpp.v15i1.7840
Rahayu, S. (2019). Socioscientific Issues: Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains, Nature of Science (NOS) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Procedding Seminar Nasional UNESA, 1-14. DOI:10.13140/RG.2.2.16332.16004
Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Socio-Scientific Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4). 732-738. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i4.6235
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2). 156-164. DOI: 10.21831/jipi.v2i2.8814
Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2011). The Morality of Socioscientific Issues: Construal and Resolution of Genetic Engineering Dilemmas. Science Education, 88(1), 4-27. https://doi.org/10.1002/sce.10101
Sadler, T.D. Foulk, J.A., & Friedrichsen, P.J. (2017). Evolution of a model for socio-scientific issue teaching and learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 5(2), 75-87. DOI:10.18404/ijemst.55999
Setyobudi, F., & Saliman, S. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup di SMP Negeri 3 Kebumen Jawa Tengah. JIPSINDO, 1(5). 1-20. DOI: 10.21831/jipsindo.v5i1.20180
Siska, Triani W., Yunita, Maryuningsih, Y., & Ubaidillah, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Socio Scientific Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1). 22-33. DOI: 10.23971/eds.v8i1.1490
Subiantoro, A.W., Ariyanti, N. A., & Sulistyo. (2013). Pembelajaran Materi Ekosistem dengan Sosio-Scientific Issues dan Pengaruhnya terhadap Reflective Judgement Siwa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1). 41-47. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2508
Valavanidis, A. (2019). Current Environmental Issues and Emerging Global Challenges in the 21st Century for the Environmental Protection and Sustainable Development. Scientific Review. Department of Chemistry, National and Kapodistrian University of Athens.
Wongsri, P., & Nuangchalerm, P. (2010). Learning outcomes between Socioscientific Issues-Based Learning and Conventional Learning Activities. Journal of Social Sciences, 6 (2), 240-243. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.240.243
Yunansah, H., Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasara EduHumaniora, 9 (1), 27- 34. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153
Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.