ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • N.P.A.P. Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • N.M. Pujani Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.M. Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v11i1.60844

Keywords:

Faktor Hasil Belajar, Hasil Belajar IPA, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor psikologis, faktor sekolah, dan faktor keluarga yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 2 Amlapura. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Amlapura sebanyak 4 kelas yang berjumlah 123 siswa. Penentuan subjek penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Objek dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, kuisioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah dengan statistik deksriptif untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA dan analisis data kuisioner/angket dan wawancara dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 110 orang (89,9%) siswa cukup setuju faktor psikologis mempengaruhi hasil belajar IPA, dan sebanyak 77 orang (62,6%) siswa cukup setuju faktor sekolah mempengaruhi hasil belajar IPA, diikuti dengan sebanyak 75 orang (61,0%) siswa cukup setuju faktor keluarga mempengaruhi hasil belajar IPA. Faktor psikologis, faktor sekolah dan faktor keluarga secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N 2 Amlapura.

References

Aisyah, Riswan Jaenudin, & Dewi Koryati. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit. 4(1).

Alisuf Sabri, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Damopoli, Insar, Paskalina Th. Lefaan & Melda Manga. 2017. “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMP N 21 Rendani Manokwari”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional dan Kongres Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI). Mataram September – 1 Oktober 2017.

Dewi, Rusmia, I Putu Artayasa & M. Yamin. 2020. Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi IPA Siswa SMP. Jurnal Pijar MIPA. 15(3):288-292.

Dwi C., Brillianur, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanag, Hidayatur Rahman, & Abdy Mahesha Putra. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):28-37.

Fitri Yanti, Nurul & Sumianto. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1):608-614.

Hadisi, L. & Muna W. 2015. Pengolahan Teknologi Informasi dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib. 3(2):333-352.

Hamiyah, N. & M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Miko Danu Pangestu & Nugroho Asmara Djati Prasetya . 2019. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika (Jurnal Pendidikan Fisika).4(2):31-38.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California: SAGE Publications Inc.

Nesi, Mikael & Maik Akobiarek. 2018. Pengaruh Minat dan Penggunaan Metode Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 1(1):80-94.

Riyana, C. 2019. Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.

Sari, P. 2015. Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Quro. 6(2):20-35.

Schunk, Dalleh H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-04-22

Most read articles by the same author(s)