Penerapan Model Pembelajaran Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24771Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami ciri-ciri kebahasaan pada teks cerita ulang biografi siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar. Beranjak dari hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan pada teks cerita ulang biografi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan teks cerita ulang biografi pada siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi, sedangkan metode pengolahan datanya menggunakan metode statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahap ke tahap. Pada refleksi awal hasil nilai rata-rata yang diperoleh 64,44, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebanyak 82,92, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90,69. Sedangkan hasil respon siswa Pada siklus I rata-rata respon sebesar 78,75 dengan persentase siswa yang responnya baik sebesar 55,56%, sedangkan pada siklus II skor rata-rata respon siswa sebesar 91,25 dengan persentase siswa yang responnya baik sebesar 100%. Jadi, bahwa penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan memahami ciri-ciri kebahasaan dalam teks cerita ulang biografi siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 DenpasarReferences
Abrar, Ana Nandhya. 2010. Bagaimana Menulis Biografi Perspektif Jurnalisme. Yogyakarta: CV. Emerson.
Alwi, Hasan, dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga) Jakarta: Balai Pustaka.
Andriani, Putri Dewi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Jurnal DIdaktika Dwija Indria Volume 4 Nomor 7.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Chaer, Abdul. 2008. Morfologi Bahasa Indonesia:Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta
Helmiati. 2013. Microteaching (Melatih Keterampilan Dasar Mengajar).Yogyakarta: Aswja Perssindo.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Minarsih Lian dan Made Putra. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.Volume 3 No 1 Tahun 2020 halaman 35-42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/24359/14727.
Nurkancana, Wayan dan PPN. Sumartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sagala, syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Septiani, Amalia, dkk. 2018. Penerapan Metode Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas 4 SDN Tegalrejo 01. Jurnal Kalam Cendekia, Volume 6, Nomor 3.1, hlm. 11 – 15.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarna, 2014. EYD Pedoman Berbahasa Indonesia Untuk Warga Negara. Jakarta: Limas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.