Kesiapan Psikologis Guru Tk di Bali Menerima Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28664Abstract
Kurang maksimalnya proses pembelajaran disebabkan karena guru belum memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus serta belum memahami program inklusi dan mendesain pembelajaran yang baik. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesiapan guru menerima anak usia dini berkebutuhan khusus di kelasnya, dan faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi kesiapan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 94 orang guru TK dari 23 sekolah, 8 orang diantaranya secara sukarela berpartisipasi dalam diskusi kelompok terarah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioer. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan teknik analisis tematik. Hasil penelitian ini adalah para guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mendeteksi, melakukan asesmen dan menciptakan lingkungan belajar yang memadai dan sesuai untuk anak usia dini berkebutuhan khusus, namun guru memiliki sikap positif dan bersedia menerima anak berkebutuhan belajar di kelasnya. Implikasi penelitian ini yaitu guru hendaknya selalu memperhatikan kesiapan psikologi siswa karena akan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.
References
Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234
Astuti. (2017). Penerapan Pembelajaran Bilingual di TK Inklusi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1540
Avramidis, E., & Norwich, B. (2002). Teachers’ Attitudes towards Integration/Inclusion: a Review of the Literature. Journal of Special Needs Education, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/08856250210129056
Cahyani, N. (2019). Psikodrama untuk Meningkatkan Empati Siswa di Sekolah Inklusif. Inklusi, 6(2), 259. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.060204
Dewi, P. S. D., Pujianti, P. R., & Magta, M. (2020). Pendidikan Inklusif pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada TK Rare Bali Shool). Jurnal Pendidikan, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.441
Diahwati, R., Hariyono, H., & Hanurawan, F. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 1(8), 1612–1620. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6682
Elliot, S. (2008). The Effect of Teachers’ Attitude Toward Inclusion on the Practice and Success Levels of Children with and without Disabilities in Physical Education. International Journal of Special Education, 23(3). https://doi.org/https://eric.ed.gov/?id=EJ833682
Habibi, N. (2017). The Use of Flashcards in Improving Vocabulary Mastery of Students with Disability. Inklusi Journal Of Disability Studies, 121. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.040203
Hamidaturrohmah, & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. Elementary: Islamic Teacher Journal, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907
Hasibuan, H. Y., Syamsuri, S., Santosa, C. A. H. F., & Pamungkas, A. S. (2020). Profil Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus Ragam Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Garuda Cendekia Jakarta. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang., 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.993.
Kartowagiran, B. (2015). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4208
Khayati, N. A., Muna, F., Oktaviani, E. D., Hidayatullah, & Fauzan, A. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Komunikasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440
Lattu, D. (2012). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236
Leatherman, J. M., & Niemeyer, J. A. (2005). Teachers’ Attitudes Toward Inclusion: Factors Influencing Classroom Practice. Journal of Early Childhood Teacher Education, 26(1). Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10901020590918979
Lestari, F. (2015). Metode Guru Bk Dalam Mengatasi Problem Penyesuaian Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Inklusi Journal Of Disability Studies, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.2206
Mustafa, Murniati, & Niswanto. (2018). Manajemen Sarana Pendidikan Pada Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB YTC Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(1). Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/11733
Nufus, Wulandary, & Wahyuda. (2020). Demokrasi pendidikan: menolak UU pelarangan ganja RI dalam pembelajaran. Jurnal Civic Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36412/ce.v4i1.1869.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Olson, J. M. (2003). Special Education and General Education Teacher Attitudes Toward Inclusion. Wisconsin-Stout: University of Wisconsin-Stout.
Praptiningrum. (2010). Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.774
Rudiyati, S. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1488
Salmah, S., & Tamjidnoor. (2019). Aksesibilitas Pendidikan Bagi Kaum Disabilitas Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Di Kota Banjarmasin. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/al-banjari.v18i1.2995
Septianisa, S., & Caninsti, R. (2018). Hubungan Self Efficacy Dengan Burnout Pada Guru Di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Psikogenesis, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.523.
Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan Abk Di Sekolah. Jurnal Empati, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/empati.v5i1.2929.
Sinoho, T. (2011). Upaya Menuju Demokratisasi Pendidikan. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.708
Suastariyani, N. K. N., & Tirtayani, L. A. (2019). Survei Persepsi Orang Tua Mengenai Program Paud Inklusidi Kota Denpasar Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25156
Sulistianingsih, & Nurjannah. (2017). Upaya Sekolah Inklusif Smp Tumbuh Yogyakarta Dalam Menciptakan School Well-Being. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-03
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.8660
Taylor, R. W., & Ringlaben, R. P. (2012). Impacting Pre-service Teachers’ Attitudes toward Inclusion. Higher Education Studies, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.5539/hes.v2n3p16
Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi kepemimpinan kepala taman kanak-kanak terhadap kinerja kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552
Widyastono, H. (2007). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkelainan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1365. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.340
Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2020). Pelatihan Pemahaman tentang Coping Stress yang Tepat pada Guru Sekolah Inklusi. Jurnal E-DIMAS, 11(4). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.4477
Yusuf, M. (2012). Kinerja Kepala Sekolah dan Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.96
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.