Instrumen Penilaian Berbasis Karakter Peduli Sosial Materi Keragaman Budaya Muatan IPS Kelas IV

Authors

  • Luh Putu Ayu Viranthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45496

Keywords:

instrumen penilaian, karakter peduli sosial

Abstract

Belum tersedianya instrumen penilaian terhadap karakter peduli sosial siswa mengakibatkan penilaian yang dilaksanakan oleh guru hanya melalui pengamatan tanpa mengacu pada instrumen yang valid. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial pada materi keragaman budaya muatan IPS siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menerapkan desain ADDIE. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu 3 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran dan siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrumen lembar kuesioner. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (76,7%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji validitas isi instrumen oleh dua ahli isi pembelajaran diperoleh validitas sangat tinggi (1,00), uji validitas instrumen pada siswa diperoleh 30 (100%) butir instrumen valid, hasil uji reliabilitas instrumen sangat tinggi dengan nilai α = 0,954, hasil uji perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92%), hasil uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (92,67%). Maka, instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial valid, reliabel, dan layak digunakan pada penilaian pembelajaran.

Author Biographies

Luh Putu Ayu Viranthi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Agung Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan Edisi 5. Universitas Pendidikan Ganesha.

Andersson, C., & Palm, T. (2018). Reasons for Teachers’ Successful Development of A Formative Assessment Practice Through Professional Development–A Motivation Perspective. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 25(6), 576–597. https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1430685.

Apriyani, N. M., Soleh, D. A., & Sumantri, M. S. (2021). Tingkat Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(2), 163–169. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i2.1231.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802 .

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik , dan Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.

Aristo, R. W., & Tampubolon, T. (2019). Stem Approach Students’ Worksheet Development with 4D Model in Sound Waves Topic. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(4), 2017–2020. www.ijsred.com.

Black, P., & Wiliam, D. (2018). Classroom Assessment and Pedagogy. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 25(6), 551–575. https://doi.org/10.1080/0969594X.2018.1441807.

Brandmo, C., Panadero, E., & Hopfenbeck, T. N. (2020). Bridging Classroom Assessment and Self-Regulated Learning. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 27(4), 319–331. https://doi.org/10.1080/0969594X.2020.1803589.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.

Carless, D., & Boud, D. (2018). The Development of Student Feedback Literacy: Enabling Uptake of Feedback. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43(8), 1315–1325. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1463354.

Cosso, J., de Vivo, A. R. R., Hein, S., Silvera, L. P. R., Ramirez-Varela, L., & Ponguta, L. A. (2022). Impact of A Social-Emotional Skills-Building Program (Pisotón) on Early Development of Children in Colombia: A Pilot Effectiveness Study. International Journal of Educational Research, 111, 101898. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101898.

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Gava Media.

de Maat, D. A., Schuurmans, I. K., Jongerling, J., Metcalf, S. A., Lucassen, N., Franken, I. H. A., Prinzie, P., & Jansen, P. W. (2022). Early Life Stress and Behavior Problems in Early Childhood: Investigating the Contributions of Child Temperament and Executive Functions to Resilience. Child Development, 93(1), e1–e16. https://doi.org/10.1111/cdev.13663.

Dessiane, S. T., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 21–26. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2310.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2020). The Conceptual and Hypothetical Model of Interactive Blended Problem Based Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(2), 285. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24162.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079.

Granberg, C., Palm, T., & Palmberg, B. (2021). A Case Study of a Formative Assessment Practice and the Effects on Students’ Self-Regulated Learning. Studies in Educational Evaluation, 68. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100955.

Harahap, A. C. P. (2019). Character Building Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i1.6732.

Hidayatullah, F. (2017). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka.

Isnaeni, Y., & Ningsih, T. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(3), 662–672. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2255.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.

Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387.

Lestari, N. F., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter PPK Aspek Kemandirian Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa SD Kelas 4. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33379.

Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 12–18. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.

Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304.

Muftakim, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Kerja Sama Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 248–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.5150347.

Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52.

Nugroho, A. S., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825.

Putra, K. D. P., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Teacher ’ s Perceptions of Online Learning Activities During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 110–118. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32006.

Rahayu, S. P., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2020). Hubungan Sikap Peduli Sosial dan Sikap Tanggung Jawab dengan Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24325.g14710.

Riscaputantri, A., & Wening, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885.

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogia Dan Pembelajaran, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352.

Schildkamp, K., van der Kleij, F. M., Heitink, M. C., Kippers, W. B., & Veldkamp, B. P. (2020). Formative Assessment: A Systematic Review of Critical Teacher Prerequisites for Classroom Practice. International Journal of Educational Research, 103, 101602. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101602.

Simarmata, N. N., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Toleransi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 194 – 199. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.101.

Strauß, S., & Bondü, R. (2022). Links Between Justice Sensitivity and Moral Reasoning, Moral Emotions, and Moral Identity in Middle Childhood. Child Development, 93(2), 372–387. https://doi.org/10.1111/cdev.13684.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Suputra, I. G. M. A., & Sujana, I. W. (2021). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Vogt, B. (2021). Supportive Assessment Strategies as Curriculum Events in A Performance-Oriented Classroom Context. European Educational Research Journal, 1–18. https://doi.org/10.1177/14749041211030387.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi, Self Assessment, dan Peer Assessment pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Wulandari, A. I, & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.

Wulandari, Aulia Ika, & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.

Yang, A. C. M., Chen, I. Y. L., Flanagan, B., & Ogata, H. (2022). How Students’ Self-Assessment Behavior Affects Their Online Learning Performance. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100058. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100058.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Viranthi, L. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Instrumen Penilaian Berbasis Karakter Peduli Sosial Materi Keragaman Budaya Muatan IPS Kelas IV. Mimbar Ilmu, 27(1), 53–62. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45496

Issue

Section

Articles