Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202Kata Kunci:
discovery learning, hasil belajar, powerpointAbstrak
Pembelajaran kurang menggunakan media yang bisa menarik perhatian siswa serta model yang belum inovatif sesuai karakteristik siswa, sehingga membuat siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa dalam belajar berdampak pada hasil belajar IPS dan keaktifan siswa kelas IVB dalam belajar belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model discovery learning berbantuan media powerpoint. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB yang berjumlah 44 orang. Data dikumpulkan menggunakan metode tes pilihan ganda dengan jumlah soal 15 butir. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari mean, median, modus, daya serap, dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV B. Hal ini terlihat hasil belajar siswa prasiklus dengan nilai rata-rata 69,25 dan ketuntasan belajar 54,55% pada kategori rendah. Hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 74,11 dan ketuntasan belajar 68,18 % dengan kategori cukup. Pada siklus II rata-rata sebesar 81,77 dan ketuntasan belajar 81,80% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan model discovery learning berbantuan media powerpoint yaitu, meningkatkan keaktifan siswa dalam menemukan sendiri pengetahuannya yang membuat pembelajaran lebih bermakana, belajar mandiri, dan tidak mudah dilupakan siswa.
Referensi
Agung, A. A. G. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000.
Anggreni, N. K. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajan Picture and Picture terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 41–47. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/45.
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Urnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6, 180–191. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20.
Astawa, A. P. I. M. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), 99–106. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159.
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.5-9.
Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(3), 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995.
Dharin, A., Aziz, K. D., & Waseso, P. H. (2020). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Berwawasan sSsial-Budaya. Portal Ejournal IAIN Purwokerto, 25(1), 1–14. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/3919.
Giri Radyana, Murda, I. N., & Putu Ari Dharmayanti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas v. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10737.
Jayadiningrat, Gautama Made , Kadek Agus Apriawan Putra, P. S. E. A. P. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 83–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20.
Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465.
Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.
Muhammad, F., & Hupiah, H. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MA Muallimin NW Pancor 2018/2019. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 2(2), 107. https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.1065.
Nilayuniarti, N. P., Kt, D. B., & Semara, N. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Tri Hita Karana. 8(3), 445–456. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.26043.
Ningtyas, E., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 66–74. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3857/3619.
Pane, N. A., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. Wayan. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills of High School Students. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 112–119. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.32892.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9. https://doi.org/10.26858/est.v3i1.3508.
Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan ( Teori Dan Praktik), 4(1), 59–62. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.
Ratnadewi, A. (2018). Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14210.
Rifky, H. &. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.
Salmi, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS. 2 SMA Negeri 13 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7865.
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936.
Supanti. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IXg SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2017/2018. Historika, 22(1), 59–70. https://doi.org/10.20961/historika.v22i1.29184.
Suprapti, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Powerpoint Ispring pada Materi Jajargenjang, Layang-Layang dan Trapesium di Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.98.
Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29–39. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24576.
Wardani, I. A. K. dan K. W. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.