Penelitian Dampak Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar pada Perkuliahan Bahasa Inggris Sistem Rombel
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.56035Keywords:
Project Based LearningAbstract
Permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi salah satunya dalah kurangnya pembelajaran yang mendorong siswa mengaplikasikan pengetahuan yang dipelajari untuk memecahkan permasalahan dunia nyata di sekitar mereka yang memberikan suatu makna bagi diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis Project Base Learning terhadap hasil belajar pada perkuliahan bahasa inggris sistem rombel. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu) sedangkan pengumpulan data menggunakan tes/soal (pre-test dan post-test) pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang meliputi uji normalitas, uji Paired Sample Test (jika data normal), uji wilcoxon jika data tidak normal, uji homogenitas, uji independent sample t test jika data normal, uji man whitney jika data tidak normal. nilai rata-rata posttest eksperimen degan model PBL sebesar 77,90 dengan rata-rata posttest kontrol dengan model konvensional sebesar 76,78. Sehingga, model pembelajaran Project Base Learning berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Serta ada perbedaan hasil belajar mahasiswa antara model Project Base Learning dengan model konvensional. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu dosen maupun mahasiswa dalam meningkatkan hasil belajar.
References
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.
Dewi, N. S. N., Supriyono, Y., & Saputra, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Berbasis Gamifikasi untuk Guru-Guru di Lingkungan Pondok Pesantren Al Amin Sindangkasih-Ciamis. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 382–387. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5146. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5146
Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answers 21 st century demands . Journal of Physics: Conference Series, 1940(1), 012122. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012122
Fitrah, A., Yantoro, Y., & Hayati, S. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Aktif Melalui Pendekatan Saintifik dalam Mewujudkan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(2), 2943–2952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2511. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2511
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481
Houseal, A. K., Abd-El-Khalick, F., & Destefano, L. (2014). Impact of a student-teacher-scientist partnership on students’ and teachers’ content knowledge, attitudes toward science, and pedagogical practices. Journal of Research in Science Teaching, 51(1), 84–115. https://doi.org/10.1002/tea.21126. DOI: https://doi.org/10.1002/tea.21126
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595
Isnaeni, W., Sujatmiko, Y. A., & Pujiasih, P. (2021). Analysis Of The Role Of Android-Based Learning Media In Learning Critical Thinking Skills And Scientific Attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(4), 607–617. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.27597. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.27597
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project Base Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1905.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermaan, 1(1). https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18
Marzuki, & B. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 36(3). https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14675.
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Base Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkanscientificliteracy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8830
Mutakinati, & Anwari. (2018). Analysis Of Students ’ Critical Thinking Skill Of Middle School Through Stem Education Project Base Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Noviyanti, E., Rusdi, R., & Ristanto, R. H. (2019). Guided Discovery Learning Based on Internet and Self Concept: Enhancing Student’s Critical Thinking in Biology. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196. DOI: https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1196
Pitt, V., Powis, D., Levett-Jones, T., & Hunter, S. (2015). The influence of critical thinking skills on performance and progression in a pre-registration nursing program. Nurse Education Today, 35(1), 125–131. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.08.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.08.006
Pratiwi, N. P. E. Y., Pudjawan, K., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Proyek pada Mata Peajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas V. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6, 123–133. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20277.
Ramadhani, S. P., MS, Z., & Fahrurrozi. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Sa’dulloh, M. (2021). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Hak dan Kewajiban terhadap Tumbuhan. Educatif Journal of Education Research, 3(1), 90–99. https://doi.org/10.36653/educatif.v3i1.40. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v3i1.40
Sakti, I., Nirwana, & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18084
Sulaksana, G. K. A., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 135–145. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43397.
Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65 – 67. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a
Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130
Yamin, Y., Permanasari, A., Redjeki, S., & Sopandi, W. (2020). Project Based Learning to Enhance Creative Thinking Skills of Non-Science Students. JHSS, 4(2), 107–111. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2450. DOI: https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2450
Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 163–176. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21. DOI: https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.