Media Video Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Tema Tanaman Sub Tema Cara Bercocok Tanam Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Luh Dwi Prabawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Didith Pramunditya Ambara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49950

Keywords:

Video Pembelajaran, Berbasis Proyek, Usia Dini

Abstract

Penggunaan media konvensional seperti kertas, membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Pembelajaran yang hanya dilakukan di ruangan saja, kurang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik untuk materi tentang lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun, mengetahui validitas dan efektivitas dar media video pembelajaran berbasis proyek untuk anak usia dini. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini 1 orang ahli isi materi, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran dan anak kelompok B sejumlah 19 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode non tes, metode wawancara dan angket kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh skor 93% pada uji ahli materi, 90% pada uji ahli desain pembelajaran, 92% pada uji ahli media pembelajaran, 84% pad uji coba perorangan, 86% pada uji coba kelompok kecil dan 90% pada uji coba lapangan. Dengan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa media video ini layak digunakan pada proses pembelajaran dan dapat meningkatkan minat belajar anak dan mecintai lingkungan sekitarnya. Implikasi dalam penelitian ini yaitu media ini layak digunakan pada proses pembelajaran dan mampu menarik minat belajar anak.

References

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu .v5i4.1056. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056

Amalia, R., Akbar, Z., & Nurani, Y. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Adventure Cooking untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1501–1513. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1697

Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Arsini, A. (2016). Pengembangan Portal “Channel Pembelajaran Sains” Sebagai Video Pembelajaran Online Melalui Model ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation And Evaluation ). Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.940. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.940

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043

Ditajayanti, I. K., Rahayu, A. P., & Setiawan, A. (2019). Membangun Keterampilan Bercocok Tanam Melalui Kegiatan Bertanam Dengan Media Hydroponik Di TK Al Irsyad Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 94. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3613. DOI: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3613

Fatimah, Y., Dwi, F., & Santana, T. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Dengan Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan Menanam Bunga. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 577–585. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i5.p577-585.

Handayani, Ok. D. (2019). Pembelajaran Matematika Permulaan Melaluikewirausahaan Pada Aktifitas Bercocok Tanam Pada Anak Usia Dini (Studi Kualitatif di KB-TK Islam Sabilina). Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 71–84. https://doi.org/10.26877/ paudia.v7i2.3270. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3270

Handoko, H., & Novitasari, K. (2019). Model Multisensori Berbasis Teknologi Multimedia untuk Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(02), 64. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1557. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1557

Hapidin, H., Nurjannah, N., & Hartati, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Proyek Dalam Menerapkan Pendidikan Kelautan Pada Anak Di Kepulauan Seribu. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 51–65. https://doi.org/10.21009//jpud.121.05. DOI: https://doi.org/10.21009//JPUD.121.05

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205

Intan, S., & Bendriyanti. (2020). Meningkatkan pengetahuan sains pada anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan dengan bercocok tanam sayur di PAUD Al-Fattah Kota Bengkulu. Early Child Research and Practice, 1(1), 42–45. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i02.1241.

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3007–3012. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Jumiati, J., Rahakabauw, H., & Budiarti, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital untuk Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1757–1760. https://doi.org/10.54371/jiip. v5i6.630. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.630

Kamila, A., & Hidayaturrochman, R. (2022). Peran guru dalam mengembangkan psikomotorik anak usia dini melalui media pembelajaran outing class. PSYCOMEDIA : Jurnal Psikologi, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.1-13. DOI: https://doi.org/10.35316/psycomedia.2022.v1i2.1-13

Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Kusuma Sari, N. M. I. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Ayo Belajar Budaya Nusantara untuk Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 391. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37937. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37937

Lestari, P. I., & Suastika, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual PPKn Muatan Persatuan dalam Keberagaman. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 4(1), 34–42. https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023. DOI: https://doi.org/10.31960/ijolec.v4i1.1023

Makapedua, C. S., Wonggo, D., & Komansilan, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 364–377. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2212. DOI: https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2212

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779–792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Marini, M. (2019). Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 24–28. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.928. DOI: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.928

Munasti, K., & Suyadi, S. (2021). Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif untuk Anak Usia Dini di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 876–885. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1567

Nasution, U. S., Dewi, M., & Azmi, S. R. M. (2021). Meningkatkan motorik anak usia dini dengan bercocok tanam. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 17–20. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.528.

Nirwana, E. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1811–1818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1684

Nisa, F., Gede Agung, A. A., & Tegeh, I. M. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Karakter Konservasi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 17. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.33633

Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291. DOI: https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291

Nurzaman, I., Gandana, G., & Wahidah, A. S. (2020). Model Pembelajaran Interactive Storytelling Berbasis Aplikasi Android Untuk Memfasilitasi Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.28209

Pagarra, H., & Idrus, N. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Publikasi Pendidikan, 8(1), 30. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v8i1.4362

Putri, N. W. S., Suryati, K., Wijayanti, N. W. E., Wardika, I. W. G., Kartini, K. S., Krisna, E. D., & Hartawan, I. N. B. (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Permulaan Melalui Bercocok Tanam Hidroponik Kepada Guru Paud. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1272–1282. https://doi.org/10.31764 /jmm.v5i4.4808.

Rahiem, M. D. H., Fitri, A., & Faeruz, R. (2022). Video Pembelajaran dan Lembar Kerja pada Pembelajaran Anak Usia Dini Selama COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3967–3980. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2435. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2435

Rahmi, L., Adilla, U., Juliana, R., Yuisman, D., & Mualimin. (2021). Inovasi Pembelajaran Dengan Metode Belajar Bersama Alam (BBA) Guna Membangun Karakter Anak Semenjak Dini Pada Sekolah Alam Muara Bungo (SAMO). Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 410. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1177. DOI: https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1177

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/ um009v28i22019p073. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., & Sari, I. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 40–46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418

Rozi, F., & Khomsatun, K. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(1), 12. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.781

Silviarista, M., Setyosari, P., & Sihkabuden, S. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas VIII SMP. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p022. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i12017p022

Siregar, D. M., Simatupang, E. M., Harahap, T. A. H., Anita Yus, & Simaremare, A. (2022). Analisis Efektifitas Model Belajar Bermain Berbasis Proyek Tema Lingkunganku Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453. DOI: https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.453

Sofia, A., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4872.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Sya’bania, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14. DOI: https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Trianggono, M. M. (2020). Stimulasi Perkembangan Kreativitas Mahasiswa PG PAUD Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek Pengembangan Media. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 1–10. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4234. DOI: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4234

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. . R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 175–180. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p175-180.649.

Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640

Wati, S. G., Mustika, A., Saputra, A., Estuhono, E., Apreasta, L., & Rahmadani, R. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049–4056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2520

Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831. DOI: https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831

Yanuarsari, R., Octrianty, E., & Nurmilah, U. (2020). Penerapan Metode Bercocok Tanam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28283.

Yanuarsi, Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbagai Bentuk Geometri untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3629–3647. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1715. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1715

Yuniarti, R., Cahaya, Y. F., Pratama, A. K., & Fajar, A. S. (2021). Implementasi Usaha Bercocok Tanam Tanpa Lahan Sebagai Pengenalan Dasar Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Sekolah Islam Al-Yaqut. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.56174/jap.v2i1.375. DOI: https://doi.org/10.56174/jap.v2i1.375

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Luh Dwi Prabawati, & Didith Pramunditya Ambara. (2022). Media Video Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Tema Tanaman Sub Tema Cara Bercocok Tanam Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 197–206. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49950

Issue

Section

Articles