Kesulitan Menulis Awal Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.50859Keywords:
Kemampuan Menulis, Kesulitan, Menulis AwalAbstract
Kesulitan anak dalam menulis menjadi masalah bagi anak didik dalam perkembangannya. Hal tersebut juga menjadi masalah untuk guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh anak usia dini pada saat menulis awal. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 3 anak usia dini, guru, serta orang tua. Subjek yang dipilih sebanyak tiga orang melalui pengamatan dan observasi dengan kriteria: Anak kelompok B yang berusia 6 tahun, mengalami kesulitan dalam menulis awal, mengalami keterlambatan perkembangan motorik, serta 3 orang tua siswa, guru serta kepala sekolah yang diwawancarai. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi dan wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak mengalami kesulitan menulis awal berupa kesulitan menyalin, menebalkan, menjiplak dan melengkapi huruf, kata, angka, gambar atau simbol; kesulitan memahami perintah; mewarnai dan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada saat menulis. Penyebabnya yaitu belum berkembangnya motorik halus dengan optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dapat merancang program khusus dan melakukan pembelajaran remedi bagi anak yang belum mencapai ketuntasan belajar. Implikasi dalam penelitian ini yaitu memberikan hasil dan pembuktian bahwa penyebab anak mengalami kesulitan menulis adalah karena keterlambatan perkembangan motorik halus anak.
References
Adetya, S., & Gina, F. (2022). Bermain origami untuk melatih keterampilan motorik halus anak usia dini. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 46–50. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21501. DOI: https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21501
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Sambira, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Paud Dalam Menyusun Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus Di PAUD Permata Bunda. SPEED Journal : Journal of Special Education, 3(2), 95–100. https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.287. DOI: https://doi.org/10.31537/speed.v3i2.287
Chairunnisa, C. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Meniru Tulisan. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(02), 257–266. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v6i02.4005. DOI: https://doi.org/10.54625/elfurqania.v6i02.4005
Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590
Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742. DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Hewi, L., & Saleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assesment (PISA). Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2). https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p63-70.2081.
Husain, A., Irmawati, I., & Paus, M. (2020). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Tugas-Tugas Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–21. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.816. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.816
Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin Dan Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.15. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.15
Kurniasih, P. L., & Ramadhini, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Simbolik Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Buhuts Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3512. DOI: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3512
Latief, S. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebagai Pondasi Pembentukan Karakter Dalam Era Revolusi 4.0 Dan Society 5.0: Teknik Dan Keberlanjutan Pendidikan Karakter. Jurnal Literasiologi, 3(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92. DOI: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i2.92
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/ dinamika.v10i1.4049. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150. DOI: https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150
Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal PAUD AGAPEDIA, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195
Ningsih, R. W. (2020). Kesulitan Menggenggam pada Proses Belajar Menulis dan Membaca Anak DCD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 98–105. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.149. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.149
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Putri, A. S. I. (2021). Kemampuan Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 23. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35508. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35508
Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.122.21
Ratnasari, E. M. (2020). Efektifitas Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kecerdasan Visual Anak Prasekolah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.4287
Sari, I., & Rakimahwati, R. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain playdough di taman kanak-kanak qur’aniah air runding pasaman barat. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 37. https://doi.org/10.29210/3003279000. DOI: https://doi.org/10.29210/3003279000
Seftiarani, R., Sofia, A., Anggraini, G. F., & Sabdaningtyas, L. (2018). Kreativitas Guru dan Kompetensi Pedagogik di PAUD Kecamatan Penengahan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/16981.
Syaropah, S. (2022). Studi Literatur Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.1.47-52. DOI: https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.1.47-52
Ummah, U. S., Putri, E. D. A., Wahyuno, E., & Susilawati, S. Y. (2021). Keefektifan Permainan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Autis. Jurnal Ortopedagogia, 7(2), 97. https://doi.org/10.17977/um031v7i22021p97-104. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v7i22021p97-104
Wahidah, F. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Classroom Action Research di RA Mutiara Hati). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 138–150. https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.138-150. DOI: https://doi.org/10.53515/CJI.2021.2.2.138-150
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Wulandari, R., Herawati, S., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. The Journal of Organic Chemistry, 74(7), 2750–2754. https://doi.org/10.1021/jo8025884. DOI: https://doi.org/10.1021/jo8025884
Yuniarni, D. (2016). Peran PAUD Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Komang Inten Sanjiwani Inten, Didith Pramunditya Ambara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)