PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI GUGUS VII

Authors

  • Putu Ayu Sri Setiawati .
  • Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi., M.Psi., Psi .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di gugus VII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini quasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok B di gugus VII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 12 kelas. sampel penelitian ini yaitu TK Lab Undiksha Singaraja yang berjumlah 30 anak dan TK Immanuel yang berjumlah 25 anak. Data kemampuan membaca permulaan anak dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan rubrik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakann statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. hasi penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan yang menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan anak yang ridak menggunkan model pembelajaran quantum kearning dengan thit = 9,5323229 > ttab 2,005746 ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran quantum learning berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak. hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata anak yang menggunakan model pembelajaran quantum learning yaitu 32,9 dan skor rata-rata anak yang tidak menggunakan model pembelajaran quantum learning yaitu 27,16. Perbaikikan dilakukan dalam proses pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dalam mengatasi kendala-kendala dalam proses pembelajaran dikelas.
Kata Kunci : model quantum learning, kemampuan, membaca permulaan

The purpose of the research determine the significant effect of learning model of model quantum learning early reading skill of group B chilfren in gugus VII Buleleng district year 2017/2018. This type of research is a quasi exsperiment design research on equivalent control group design. The population of this study is the entire group B in cluster VII Buleleng. The sample of this research is TK Lab Undiksha Singaraja which amounted to 30 children and TK Immanuel Singaraja kindergarten which amounted 25 children.The data of early reading skill was collected by using rubric with observation.The data obtained ware statistical analysis technique, t-test. The results showed that there are differences of early reading skill between model with students who did not use quantum learning model with thit = 9,5323229> ttab 2,005746 this means there are significant differences.Based on the result of data analysis of learning model quamtum learning effect on early reading skill.This can be seen from the average score of student who use the learning model of quantum learning is 32,9 and the average score of students who use the learning model of quantum learning is 27,16.Improvement is done in the learning process using quantum learning model to improve the child’s early reading skill in overcoming the obstacles in the learning process in the class.
keyword : skill, early reading, quantum learning model

Published

2018-07-27

How to Cite

., P. A. S. S., ., D. I. M. T. S. M., & ., P. R. U. S. M. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI GUGUS VII . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15321

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>