Mengukur Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Instrumen Penilaian
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.36223Keywords:
Kemampuan Keaksaraan, Instrumen, PenilaianAbstract
Guru yang kesulitan membuat instrumen penilaian pada anak usia dini. Selain itu tidak ada instrumen penilaian yang mengukur kemampuan keaksaraan awal pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keaksaraan awal pada anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu 4D. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Uji validitas instrumen penilaian keaksaran pada penelitian ini dilakukan melalui uji validitas isi (uji ahli/pakar). Instrumen yang dikembangkan akan diuji oleh 2 orang ahli. Subjek uji coba penelitian berjumlah 30 siswa. Uji reliabilitas instrumen pengukuran kemampuan keaksaraan awal menggunakan rumus Alpha Cronbacth. Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi pelajaran mendapatkan kategori sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen mendapatkan kategori sangat tinggi. Hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen juga mendapatkan kategori sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan abahwa instrumen pengukuran kemampuan keaksaraan awal yang telah dikembangkan valid dan realible. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen yang telah dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam mengukur kemampuan keaksaraan pada anak usia dini.
References
Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19.
Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: ADITYA MEDIA.
Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.
Agustini, Masudah, & Rofiqoh, D. (2020). Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B. Jurnal Jurnal PAUD Teratai, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1278.
Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata Di Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362.
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.
Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.7484.
Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i14.
Aulia, B. N. R., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082.
Borre, Bernhard, Bleiker, & Winsler. (2019). Preschool Literacy Intervention for Low-Income , Ethnically Diverse Children : Effects of the Early Authors Program Through Kindergarten Preschool Literacy Intervention for Low-Income. Journal of Education for Students Placed at Risk (JESPAR), 24(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10824669.2019.1594818.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018a). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018b). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.
Christianti, M. (2013). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042.
Damanik, M. R., & Setiawan, D. (2016). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Karakter Pada Ranah Keterampilan Di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5150.
Darmansyah, D. (2014). Teknik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Surau Gadang Nanggalo. Al-Ta Lim Journal, 21(1), 10–17. https://doi.org/10.15548/jt.v21i1.67.
Darnis. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3.
Dewi, N. P. A. S., Tirtayani, L. A., & Suniasih, N. W. (2019). Efektivitas Program Paud Inklusi Di Kota Denpasar Ditinjau Dari Aspek Konteks. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i1.18731.
Fauziddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.
Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13.
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.
Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39.
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468.
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520.
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680.
Manurung, A. K. R., Wulan, S., & Purwanto, A. (2021). Permainan Outdoor dalam Membentuk Kemampuan Ketahanmalangan pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1807–1814. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1030.
Maqdalena, & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Meilinda. (2020). Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei Di Desa Adat Serangan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25654.
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52.
Nugraha, R. (2017). Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar di Kecamatan Jambu. Jurnal Sekolah (JS), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9925.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.
Shofa, M. F. (2018). Implementasi Manajemen Pendidikan Inklusi di PAUD Inklusi Saymara Kartasura. IAN Surakarta, 3(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22515/attarbawi.v3i2.1337.
Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 8(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160.
Suastariyani, N. K. N., & Tirtayani, L. A. (2019). Survei Persepsi Orang Tua Mengenai Program Paud Inklusidi Kota Denpasar Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25156.
Sukanti. (2011). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v9i1.960.
Suyeni, P. W., Wirya, N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Magoak-Goakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7805.
Triutami, I. G. A. A. D., Sudhita, I. W. R., & Tegeh, I. M. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.3239.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.
Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3.
Yuliani, & Noto, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)